221011 Kemenhub akan Bangun Jalur Kereta Api Terkoneksi ke Bandara

JAKARTA–Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan  membangun jalur kereta api perkotaan di sejumlah daerah yang terkoneksi langsung dengan bandar udara (Bandara).

Bandara yang dibidik diantaranya seperti di Jabodetabek ke Bandara Soekarno-Hatta, Yogyakarta ke Bandara Adi Sucipto, Solo ke Bandara Adi Sumarmo, Surabaya ke Juanda dan Medan ke Bandara Kuala Namu.

“Kami berkomitmen mengembangkan angkutan  kereta api di dalam kota besar yang terhubung ke bandara agar arus perpindahan penumpang kian lancar,” kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono di Jakarta, Jumat (21/10).

Menurutnya,  ada beberapa kota satelit yang biasanya memiliki kereta perkotaan dan dapat terus dikembangkan seperti di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), Gerbang Kertasusila (Gresik, Bangkalan Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan), Joglo Semar (Yogyakarta, Solo dan Semarang), Mebidangro (Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Tanah Karo).

“Kereta api ini akan menghubungkan kota-kota setelit di sejumlah daerah, termasuk bandara juga terhubung langsung. Sama seperti Yogyakarta yang sudah ada, sedangkan Surabaya sudah mulai dibangun ke Bandara Juanda. Untuk Bandara Kuala Namu Medan akan ada akses kereta bandaranya pada 2013, begitu bandaranya jadi,” katanya.

Dikatakannya,  selesainya rel jalur ganda lintas Pantai Utara Jawa, yakni dari Jakarta sampai Surabaya yang ditarget 2013, akan mempermudah jalur kereta api di kawasan Jawa Timur yakni ke Sidoarjo, Lamongan, dan Bojonegoro. “Nantinya dari kota-kota sekitar Surabaya ini, kereta api akan terhubung langsung ke Bandara Juanda,” jelasnya.

Sedangkan  untuk jalur kereta api di Solo, sedang di pelajari perlu tidaknya kereta masuk ke bandara, begitu juga dengan Semarang sedang di studi. Di Medan, Bandara Kuala Namu, begitu selesai pembangunan 2013, langsung terkoneksi dengan kereta api. Bahkan dari stasiun di tengah kota bisa langsung chek in penerbangan.

Diungkapkannya,  untuk pembangunan jalur kereta ini, sebagai langkah awal akan ditawarkan ke operator yakni PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Tundjung Inderawan menambahkan,  pengerjaan proyek kereta api Bandara Soekarno-Hatta Jakarta untuk jalur komuter saat ini sudah berjalan dan ditargetkan selesai pada 2013.

“Untuk jalur komuter ini sudah ada perpresnya yang menunjuk PT KAI untuk mengerjakannya,” katanya.

Dikatakannya,  untuk pengerjaan tergantung PT KAI memulai pembebasan tanah, menghitung  detail engineering desain atau DED.

“Mereka ajukan proposal proyek ke Kemenhub untuk dievaluasi berapa lama pemberian konsesi, misalnya 30 tahun. Kalau investasi 2,2 triliun rupiah. kita belum tahu berapa tahun masa konsesinya,” kata Tundjung.

Pembangunan jalur kereta api menuju Bandara Soekarno-Hatta terdiri dari dua jalur. Jalur pertama dinamakan ekspress line yang melalui rute Manggarai-Sudirman-Tanah Abang-Duri-Angke-Pluit-Bandara Soekarno Hatta. Rute ini menggunakan pola kemitraan pemerintah dengan swasta atau public private partnership (PPP).

Jalur kedua yakni untuk rute kereta komuter yang melalui Manggarai-Sudirman-Tanah Abang-Duri-Grogol-Bojong Indah-Kalideres-Tanah Tinggi-Bandara Soekarno Hatta. Jalur yang satu ini mengikuti jalur kereta komuter yang sudah ada, tinggal menambah double track sepanjang rute dan 7 km dari Tanah Tinggi-Bandara Soekarno Hatta.

Jalur ganda ini sudah mulai dibangun pada 2010 yakni masih tahap pembangunan badan jalan kereta sepanjang 8 km dan pada 2011 ditargetkan dibangun 11 km lagi. Biaya pembangunan badan jalan ini mencapai 20 miliar rupiah untuk 2010 dan 28,16 miliar rupiah untuk 2011.[Dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s