211011 Garuda Indonesia Tambah Armada Boeing 737

JAKARTA–PT Garuda Indonesia (GIAA) menambah armada seri Boeing 737 dengan mendatangkan pesawat terbaru B737-800NG ke-48 yang juga merupakan pesawat B737 series ke-123 yang telah diserahkan ke maskapai itu.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar menjelaskan, kedatangan armada baru sebagai wujud strategi perseroan meremajakan usia pesawat.

“Sekarang pesawat yang dimiliki Garuda berkisar 7,8 tahun. Kita harapkan tiga tahun mendatang bisa lebih muda,” katanya di Jakarta, Kamis (20/10).

Dijelaskannya,  pesawat B738-800NG baru ini dilengkapi dengan teknologi Boeing Sky Interior yaitu teknologi terbaru dari Boeing pada pola pencahayaannya.

Menurutnya, para penumpang akan merasakan perbedaan nuansa melalui lampu penerang yang dapat menghasilkan berbagai suasana warna (colour schemes) seperti warna biru angkasa yang lembut, suasana matahari terbenam yang membuat rileks dan  suasana matahari terbit.

“Dengan teknologi terbaru ini maka penumpang Garuda Indonesia akan semakin nyaman terbang dengan Garuda Indonesia,” jelasnya.

Ditambahkannya, seperti pesawat – pesawat baru lainnya yang diterima Garuda, pesawat ini juga dilengkapi dengan State – of – the – art inflight entertainment  yaitu Audio & Video on Demand (AVOD)  pada setiap seatnya.

Sejalan dengan konsep layanan Garuda Indonesia Experience, interior pesawat baru ini juga ditata dengan sentuhan ke-Indonesiaan yaitu penggunaan kain bercorak batik pada setiap seatnya serta penggunaan motif bambu (gedek) pada setiap partisi dalam pesawat.

Diungkapkannya, Garuda Indonesia saat ini mengoperasikan sebanyak 67 B737 series yang terdiri 48 B-737-800NG dan 19 B737-300/400/500. Secara bertahap Garuda akan melakukan phase-out B-737 klasik tersebut dan menggantikannya dengan B737-800NG untuk rute–rute penerbangan di domestik dan regional.

Pengadaan pesawat B737-800NG ini merupakan bagian dari program pengembangan dan revitalisasi armada yang dilaksanakan oleh Garuda Indonesia dalam rangka memodernisasi armada pesawatnya. Melalui program “Quantum Leap”, hingga tahun 2015 Garuda Indonesia merencanakan akan menambah armada dari yang saat ini  berjumlah sebanyak 89 pesawat menjadi 154 pesawat yang terdiri dari B737-800NG untuk domestik dan regional, A330-300/200 untuk jarak menengah dan sedang, dan B777-300ER untuk jarak jauh (longhaul) dengan rata – rata usia pesawat 5 tahun.

Saat ini Garuda Indonesia juga sedang melaksanakan proses pengadaan untuk pesawat berjenis sub-100 (pesawat dengan jumlah seat dibawah 100) untuk melayani penerbangan ke kota – kota lebih kecil dan penerbangan langsung tanpa persinggahan di Jakarta.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menyambut baik kedatangan pesawat baru tersebut.

”Garuda saat ini sedang melaksanakan program quantum leap dan pengembangan dan revitalisasi armada menjadi salah satu fokus utamanya”, kata Bambang.

Diharapkannya, melihat perkembangan Garuda yang semakin baik, maka maskapai ini lebih cepat berkembang dan mampu berkompetisi dengan maskapai besar dunia.

“Potensi pasar angkutan udara Indonesia lumayan besar. Tercatat, 167 juta penumpang teregistrasi dan ada 60 juta orang menggunakan pesawat. Itu belum 10 persen dari total populasi, sehingga banyak peluang bagi maskapai,” katanya.

GandengCFM International
Pada kesempatan sama, VP Corporate Communication Garuda Pujobroto mengatakan, sejalan dengan semakin berkembangnya penggunaan pesawat jenis B737-800NG dalam armada pesawatnya, maka Garuda Indonesia baru-baru ini juga telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan CFM International dalam bidang perawatan mesin CFM56-7B, yaitu jenis mesin yang digunakan pesawat Boeing 737-800NG  Garuda Indonesia.

Diungkapkannya, melalui kerjasama tersebut, CFM akan menyediakan layanan perawatan mesin secara komprehensif dengan system Rate Per Flight Hour (RPFH) dalam kontrak hingga 15 tahun.

CFM dan GMFAeroAsia juga akan bekerjasama mengembangkan kemampuan GMFAeroAsia untuk melaksanakan layanan perawatan overhaul bagi mesin CFM56-7B, sehingga nantinya pelaksanaan overhaul mesin CFM56-7B Garuda dapat dilaksanakan di GMFAeroAsia.[Dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s