201011 TelkomVision Bidik 1 Juta Pelanggan

JAKARTA—Anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) di bidang TV berbayar, TelkomVision, membidik meraih satu juta pelanggan hingga akhir tahun ini.

Direktur Utama TelkomVision Elvizar KH mengungkapkan, saat ini perseroan memiliki 750 ribu pelanggan yang terdiri atas pengguna pascabayar melalui satelit sebanyak 55 persen, prabayar (30%), dan kabel lima persen.
“Kami ingin mengubah komposisi itu menjadi 50 persen pasca bayar, 40 persen prabayar, lima persen kabel, dan lima persen atau sekitar 50 ribu dari target satu juta pelanggan dari jasa baru, Internet Protocol TV (IPTV), “ungkapnya di Jakarta, kemarin.
IPTV adalah layanan televisi layaknya penyiaran biasa, namun jaringannya berbasis kepada internet protocol (IP). Layanan ini didefinisikan sebagai Interactive Personalize TV menggunakan kabel untuk bisa diakses pelanggan dan dijamin tingkat kerahasiaannya sehingga pelanggan bisa mereview menggunakan jaringan kabel telepon dan kabel broadband dalam satu waktu.
Layanan ini   memiliki keunikan dimana pelanggan pemegang kontrol terhadap konten yang disiarkan berkat adanya  berbagai fitur yang memungkinkan pelanggan untuk record, pause, dan rewind tayangan TV favoritnya dalam jangka waktu tiga hari. Selain itu juga  ada fasilitas video on demand  (VoD), game on line  bahkan karaoke.
Diungkapkannya, TelkomVision menjadi garda depan pemasaran IPTV milik Telkom dan mengubah strategi dengan mengedepankan layanan TV ketimbang akses broadband Internet Speedy. “Keahlian TelkomVision memang dalam menjual layanan TV. Kami optimistis target meraih 50 ribu pelanggan itu tercapai dan pada 2012, khusus IPTV akan digunakan 250 ribu pelanggan,” katanya.
Dijelaskannya, strategi yang dipersiapkan adalah dengan mengedepankan fitur unggulan dari IPTV yakni Video On Demand (VoD) hasil kerjasama dengan HBO. “VoD yang dimiliki TelkomVision sesuai dengan standar yang ada yakni berjalan di kabel melalui akses internet sehingga terjadi interaktif menonton TV. Ini berbeda dengan milik competitor,” tegasnya.
Dikatakannya, IPTV tak lama lagi akan dipasarkan ke   Medan, Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta hingga tahun depan. Sedangkan untuk akses melalui PC dan mobile ditunda dulu.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s