161011 BPSDM akan Dirikan 3 Sekolah Penerbang

JAKARTA-Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDM Perhubungan) akan mendirikan tiga sekolah penerbang guna memenuhi kebutuhan pilot di masa depan.

“Kita akan mendirikan tiga sekolah penerbang. Lokasinya di Medan, Papua, dan Sumenep,” ungkap Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDM Perhubungan) Kemenhub Bobby Mamahit di Jakarta, Jumaat (14/10).

Diungkapkannya,  untuk di Medan dan Papua sudah tahap detil engineering design (DED), sedangkan di Sumenep masih tahap studi. Diperkirakan biaya pembangunan satu sekolah penerbangan sekitar 100 miliar rupiah, sehingga ketiganya menelan investasi sekitar  300 miliar rupiah.

Dikatakannya, pemerintah berniat menjadikan Bandara Polonia, Medan, sebagai basis sekolah penerbangan baru di Tanah Air.

Hal Itu bisa terjadi setelah operasional Bandara Polonia dipindahkan ke Bandara Kualanamu pada akhir tahun depan.

Untuk sementara sekolah itu masih jadi bagian dari Akademi Teknik Keselamatan Pelayaran (ATKP) Medan, namun seiring tidak digunakannya Polonia sebagai bandara komersial maka sekolah akan dikelola mandiri oleh badan layanan umum (BLU)

“Kami sedang berkoordinasi dengan Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub dan juga PT Angkasa Pura II agar Polonia bisa jadi basis sekolah penerbangan di wilayah barat. Saat ini basis sekolah penerbangan di Indonesia baru di Curug,” jelasnya.

Diperkirakannya, pembangunan sekolah yang paling cepat direalisasikan adalah di Medan pada  tahun depan karena status masih di bawah ATKP.

“Kalau yang lain benar-benar sekolah penerbangan murni, untuk di Sumenep akan gunakan Bandara Sumenep dan Papua gunakan Bandara Sorong,” katanya.

Pendirian sekolah penerbangan adalah untuk menggejot produksi pilot. Kebutuhan pilot per tahun mencapai 800 orang per tahun, namun kemampuan STIP Curug hanya 120 orang per tahun jika ditambah dengan sekolah penerbang swasta hanya 300 orang per tahun.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s