121011 Axis Bidik Sewa 5 Ribu Menara

JAKARTA—PT Axis Telekom Indonesia (Axis) membidik menyewa lima ribu menara untuk mendukung rencana ekspansi jaringan dari anak usaha Saudi Telecom Company (STC) itu.

“Jika penyewaan lima ribu menara untuk mendukung ekspansi Base Transceiver Station (BTS) ini selesai,   wilayah jaringan akan menjadi dua kali lipat, layanan mobile broadband akan secara signifikan lebih luas, dan kualitas semua layanan kami akan semakin baik,” ungkap  Presiden Direktur dan CEO Axis Erik Aas di Jakarta, kemarin.

Dijelaskannya, strategi  menyewa menara  sesuai dengan arahan pemerintah untuk pemanfaatan infrastruktur secara bersama di industri telekomunikasi. “Pada ekspansi ini kami memanfaatkan menara bersama lebih dari 90 persen. Nantinya  kecepatan data akan meningkat secara signifikan hingga 42 Mbps,” jelasnya.

Hingga saat ini Axis   berhasil meraup omzet sebesar 1,4 triliun di tahun ini, atau meningkat dua kali lipat dari  posisi akhir 2010 lalu yang hanya sebesar 700 miliar rupiah. Axis menargetkan pada akhir tahun nanti bisa meraih 17 juta pelanggan.

Berdasarkan catatan, Untuk proyek lima ribu BTS ini dianggarkan dana sekitar 500 juta dollar AS. Axis menargetkan pada 2014 akan memiliki 40 juta pelanggan. Untuk itu telah didapat dukungan   dana sebesar  1,6 miliar dollar AS, yang 1,2 miliar dollar AS di antaranya diperoleh dari pinjaman perbankan internasional.

Pada kesempatan lain VP XL Regional Sumatera Agus P Simorangkir mengungkapkan, telah  melakukan serangkaian uji jaringan di sejumlah kota besar di Sumatera pada September – Oktober 2011.

“Kegiatan ini terutama untuk membuktikan kemampuan dan kesiapan jaringan XL untuk komunikasi data. Khusus di Belitung, uji jaringan ini termasuk juga memastikan bisa turut mendukung industri pariwisata setempat secara umum, termasuk acara Sail Wakatobi – Belitung,” katanya.

Diungkapkannya,  di Belitung pengujian jaringan dilakukan di Lor In Beach Resort, Tanjung Tinggi, dengan menggunakan Modem dan BlackBerry.   XL mampu mendownload dengan kecepatan 118 Kbps dan upload 333 Kbps. Sedangkan operator lain nihil.

Sementara menggunakan modem, dengan layanan XL 2G mendownload dengan kecepatan 66 Kbps dan upload 51 Kbps, sedangkan operator lain mendownload hanya 23 Kbps dan upload 30 Kbps. Sama halnya dengan operator lainnya yang hanya memiliki kecepatan untuk mendownload 48 Kbps dan upload 24 Kbps.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s