111011 Garuda Tingkatkan Pelayanan

JAKARTA—PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada pelanggannya dengan  menyempurnakan konsep layanan terbarunya  melalui tagline Garuda Experience.

“Konsep Garuda Experience yang  menyajikan ciri khas Indonesia di dalam pesawat, ruang tunggu dan kantor penjualan ini adalah bentuk komitmen Garuda  untuk selalu menjaga dan melestarikan kekayaan budaya bangsa,” ungkap Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar di Jakarta, Selasa (11/10).
Dijelaskannya,   Garuda Indonesia Experience merupakan konsep layanan yang berakar pada kekayaan budaya bangsa seperti mengeluarkan album Sound of Indonesia dan Garuda Aromatic Fragrance bersama Komposer Addie MS dan Mustika Ratu.
“Sound of Indonesia merupakan koleksi lagu-lagu daerah dan tradisional dari seluruh penjuru Indonesia yang diaransemen ulang oleh Addie MS sebagai musik resmi yang akan diperdengarkan selama penerbangan maupun di lounge atau ruang tunggu khusus dan kantor penjualan Garuda Indonesia. Beberapa lagu-lagu tradisional dalam Sound of Indonesia tersebut antara lain Rasa Sayange, Janger, Ayo Mama dan Tanah Airku,” katanya.
Sementara Garuda Aromatic Fragrance  diciptakan secara khusus oleh Mustika Ratu dimana  merupakan wewangian aromaterapi khusus yang berasal dari hasil campuran antara buah cengkeh dan rempah-rempah lainnya yang akan digunakan sebagai wewangian resmi di pesawat selama penerbangan maupun di executive lounge dan kantor-kantor penjualan Garuda Indonesia.
“Dengan diluncurkannya dua produk baru pelengkap layanan Garuda Indonesia Experiance ini, maka diharapkan para pengguna jasa akan semakin nyaman terbang dengan Garuda. Dengan demikian tentunya diharapkan akan menambah jumlah penumpang,” katanya.
Direktur Niaga Garuda Indonesia Agus Priyanto menambahkan album Sound of Indonesia ini akan dikemas dalam bentuk compact disc (CD). Nantinya akan dijual dan dari hasil penjualan setelah dipotong biaya produksi, akan disumbangkan kepada tiga yayasan.
Sedangkan  Direktur Keuangan Garuda Indonesia Elisa Lumbantoruan mengatakan   belum bisa memprediksi  potensi kenaikan pendapatan dari layanan Garuda Indonesia Experience mengingat sifatnya jangka panjang dan dari anggaran beberapa tahun kedepan, bukan hanya dari tahun ini.
“Layanan ini untuk jangka panjang, masuk dalam cost passanger services. Dimulai tahun ini untuk membangun brand yang kuat. Dengan ini diharapkan mampu mendongkrak load factor atau tingkat keterisian penumpang,” katanya.
Elisa menargetkan pada triwulan III/2011 pihaknya mampu meraup keuntungan yang dapat dilihat dari kinerja Juli dan Agustus yang mencatat untung. “Saya belum bisa sebutkan besarannya. Tetapi kisi-kisinya begitu, dan sampai akhir tahun diprediksi untung,” katanya.
Diungkapkannya,  jika dihitung dari kinerja selama semester I  dan hingga Agustus 2011, kenaikan pendapatan Garuda Indonesia  mengalami kenaikan diatas 20 persen. Sedangkan hanya di semester pertama 2011 terjadi peningkatan mencapai  44.6 persen dibandingkan periode sama 2010.
Sebelumnya, selama Juli 2011 Garuda Indonesia  berhasil membukukan  laba usaha (operating profit) sebesar  459.5 miliar rupiah,  laba bersih (Rp 320 miliar), dan pendapatan usaha ( Rp 2,453 trilun) berkat mengangkut  1,642 juta penumpang. Kinerja selama satu bulan itu (Juli) berhasil menutup performa kurang menggembirakan maskapai ini pada semester I 2011.
Secara terpisah, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan   menghimbau maskapai penerbangan tidak melupakan  memiliki sistem teknologi informasi yang mumpuni selain meningkatkan layanan.
“Masalah sistem Teknologi Informasi harus menjadi perhatian dari maskapai saaat ini agar konsep layanan yang diusung demikian canggih bisa berjalan. Memang tidak ada aturan keharusan. Tetapi sebagai manajemen, seharusnya semua sistem harus ada back up atau cadangan apalagi untuk sistem yang sangat vital,” tegasnya.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s