111011 Melayani Umat di Tanah Suci

Indonesia pada pekan lalu mulai menerbangkan calon jemaah Haji ke Arab Saudi. Diperkirakan pada tahun ini Indonesia memiliki 221 ribu calon jemaah Haji.

Operator telekomunikasi pun tidak mau ketinggalan melayani calon jemaah Haji dalam berkomunikasi  mengingat ibadah ini membutuhkan waktu yang lumayan lama  di tanah suci. Kerinduan calon jemaah Haji kepada kerabat di tanah air diharapkan bisa terbayar melalui sambungan komunikasi yang disediakan oleh para operator.
Terdapat tiga operator sejauh ini yang memanfaatkan momentum ibadah Haji untuk mendongkrak pendapatannya yakni Telkomsel, Axis, dan XL.
Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengharapkan, pada musim haji kali ini 50 persen dari calon jemaah Haji akan menggunakan produk anak usaha Telkom tersebut.
”Kami menghadirkan layanan komunikasi dengan tarif paling hemat hingga 80 persen dan ragam layanan  bagi pelanggan yang beribadah haji di Tanah Suci,” katanya.
Dijelaskannya,  pelanggan Telkomsel tidak perlu mengganti sim card kala di tanah suci  karena tarif Telkomsel yang berlaku sudah setara dengan tarif lokal Arab Saudi. Tarif hemat layanan komunikasi haji ini hanya berlaku di jaringan operator Zain Arab Saudi.
Untuk melakukan panggilan telpon dan video call ke semua operator di Tanah Air, pelanggan hanya dikenakan  6 ribu rupiah  per menit, terima telpon  2.500 rupiah  per menit, kirim SMS  900 rupiah  per SMS, serta gratis menerima SMS dari semua operator.
Bahkan khusus untuk pelanggan kartuHALO tetap dapat terhubung dengan berbagai informasi selama berada di Tanah Suci dengan memanfaatkan tarif hemat layanan data Rp 100/ 10kb untuk pemakaian internet dan BlackBerry, dengan pembayaran maksimum  50 ribu rupiah per hari (APN BlackBerry) dan  150 ribu rupiah  per hari (APN non BlackBerry).
Telkomsel juga menyediakan paket hemat layanan data bagi pelanggan paskabayar maupun prabayar yang sedang menjalankan ibadah haji. Pelanggan dapat membeli paket unlimited data roaming 3 hari seharga  200 ribu rupiah  ataupun 7 hari dengan harga   450 ribu rupiah
Ada juga   paket unlimited BlackBerry Telkomsel yang menyajikan tarif hemat  45 ribu rupiah  untuk paket 1 hari, 130 ribu rupiah  untuk 3 hari,  300 ribu rupiah  untuk 7 hari, dan  850 ribu rupiah untuk 20 hari.
Bidik 40%
GM International Business and Domestic Wholesale XL Retno Wulan  mengungkapkan, pada tahun ini perseroan membidik sekitar 40 persen calon jemaah haji menggunakan paket komunikasi yang ditawarkannya. ”Selama musim Haji ini trafik internasional XL bisa naik 60 persen dibandingkan hari biasa,” katanya.
Dijelaskannya XL mengandalkan   tarif roaming internasional murah untuk Arab Saudi jika pelanggan melakukan  panggilan, Voice Over Internet Protocol (VoIP), maupun BlackBerry. Program ini berlaku mulai 1 Oktober hingga 31 Desember 2011 dan  bagi semua pelanggan XL baik prabayar maupun pasca bayar
Tarif roaming internasional  XL untuk Arab Saudi adalah Rp 2000/menit untuk terima telpon dari Indonesia, dan Rp 8000/menit untuk nelpon dari Arab Saudi ke Indonesia maupun nelpon ke nomor lokal Arab Saudi.
Untuk SMS, pelanggan hanya dikenakan tarif  850 rupiah untuk kirim SMS, sedangkan untuk terima SMS tidak dikenakan biaya. Agar bisa mendapatkan kemudahan tersebut, pelanggan dapat langsung menikmati tarif ini tanpa perlu melakukan registrasi atau mengganti kartu (simcard).
Sementara itu untuk layanan VoIP 01000 yang bisa digunakan untuk menelpon nomor lokal Arab Saudi dari nomor XL di Indonesia, pelanggan akan bisa mendapatkan tarif istimewa Rp 1800/menit, gratis 1,5 menit nelpon setelah nelpon 3 menit (berlaku per nelpon)
Pada layanan BlackBerry, tarif murah akan didapatkan pelanggan yaitu  75 ribu rupiah per hari. Untuk bisa mendapatkan tarif istimewa ini, pelanggan harus memastikan sudah berlangganan paket Full Service bulanan atau paket BB 3 in 1.
Pelanggan juga harus sudah mengaktifkan paket tersebut sebelum berangkat ke Arab Saudi. Setelah berada di Arab Saudi, perlu juga dipastikan untuk memilih jaringan operator “Mobily”, dengan cara: Menu/option à Mobile Network à Network selection mode (pilih manual).
“Kekuatan paket yang ditawarkan XL pada terima telepon dan SMS.  Tahun ini SMS menggunakan  XL paling murah, kami memilih fitur ini ditonjolkan karena jika sedang roaming internasional, SMS yang paling banyak digunakan,” katanya.
Andalkan Induk Usaha
Sementara Direktur Penjualan Axis Telekom Indonesia Syakieb A Sungkar mengatakan, perseroan mengandalkan subsidi tarif dari induk usahanya, Saudi Telecom Company (STC), untuk menawarkan paket komunikasi murah bagi calon jemaah Haji.
Dijelaskannya, pada musim haji tahun ini pelanggan Axis  dapat menikmati gratis  terima telepon dengan menggunakan nomor roaming lokalnya dan gratis  menerima SMS ke nomor Axis selama di tanah suci.
Sedangkan untuk layanan BlackBerry  pelanggan dapat memilih layanan BlackBerry unlimited harian 9.900 rupiah  per hari, mingguan (Rp 49.900) dan bulanan (Rp 199.900).
Jika menggunakan  nomor roaming lokalnya, pelanggan Axis dapat menelepon keluarga dan kerabat mereka di Indonesia dengan tarif paling hemat 5.500 rupiah  per menit. Axis  juga memberikan tarif super hemat untuk mengirim SMS, yaitu 899 rupiah  per SMS.
Axis  juga menawarkan tarif kompetitif bagi keluarga dan kerabat di Indonesia yang menggunakan nomor Axis  paket haji untuk menelepon pelanggan Axis di Arab Saudi dengan menggunakan kode akses layanan internasional 01012 hanya dengan 1.290 rupiah per menit. Untuk pelanggan Axis lain, tarif yang berlaku adalah1.388 rupiah  per menit.
”Kami mengharapkan ada 20 persen dari calon jemaah Haji menggunakan produk Axis. Bagi kami musim Haji ini adalah upaya menjaga momentum pendapatan tetap tumbuh usai Ramadan,” katanya.
Head of Corporate Communications Axis Telekom Indonesia Anita Avianty menambahkan, perseroan telah  berhasil meraup omzet sebesar 1,4 triliun di tahun ini, atau meningkat dua kali lipat dari  posisi akhir 2010 lalu yang hanya sebesar 700 miliar rupiah.
”Peningkatan omset   seiring dengan bertambahnya jumlah pelanggan dari 9 juta pada akhir 2010, menjadi 15 juta pelanggan sekarang. Kita targetkan pada akhir tahun nanti bisa meraih 17 juta pelanggan. Sekitar 30 persen dari omset  disumbangkan oleh pelanggan data. Selebihnya dari panggilan voice atau suara, dan  SMS,” katanya.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s