101011 Pelindo II Tuntaskan Pengerukan Pelabuhan Baai

JAKARTA—PT Pelabuhan Indonesia II (PT Pelindo II) berhasil menuntaskan pengerukan alur pelayaran di Pelabuhan Baai, Bengkulu, sejak 3 Oktober 2011 yang menelan investasi 210 miliar rupiah agar kapal-kapal besar berkapasitas 40 ribu DWT hingga kapal petikemas bisa berlabuh.

”Kami melakukan pendalaman hingga 10 meter alur pelayaran Pelabuhan Baai sehingga akan terjadi perubahan jenis kapal yang masuk ke sana,” kata Direktur Utama PT Pelindo II Richard Jose Lino di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dijelaskannya, jika selama ini pengiriman komoditas utama curah kering berupa batubara yang volumenya 80 persen dari total volume barang, harus melalui proses transhipment atau diangkut dulu dengan kapal tongkang ke Pulau Tikus untuk kemudian diangkut dengan kapal besar 40 ribu DWT, kini hal itu tak perlu dilakukan.

“Kapal-kapal besar hingga 40 ribu DWT bisa masuk, sehingga tak ada lagi transhipment kecuali memang untuk proses pengangkutan batubara untuk pembangkit di Jawa yang memang pakai tongkang. Jika sudah begini maka biaya pengiriman bisa ditekan,” jelasnya.

Menurutnya, tidak adanya transhipment, maka harga freight on board (FOB) untuk komoditas batubara dari Bengkulu bisa meningkat hingga 10 dollar AS per ton yang sebenarnya adalah ongkos untuk mengangkut batubara ke Pulau Tikus.

Dalam hitungan Pemprov Bengkulu, akibat adanya proses transhipment dana yang harusnya masuk ke pendapatan asli daerah (PAD) juga hanya 17 triliun rupiah dari nilai sebenarnya 34 triliun rupiah. “Kami akan terus jaga kedalaman -10 meter untuk Baai, dibutuhkan 35-45 miliar rupiah untuk keruk sedimen 600-700 ribu meter kubik per tahunnya, untuk biaya itu kami akan kerjasama dengan pengusaha batubara dengan menyisihkan sekian dollar per ton masuk dalam biaya handling,” katanya.

Diyakininya, perubahan kedalaman alur di Pelabuhan Baai akan membuat volume barang terdongkrak naik. Jika pada tahun ini dipatok 2,9 juta ton maka pada 2012 menjadi 3,7 juta ton.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s