071011 Penataan Frekuensi Dilakukan Secara Menyeluruh

JAKARTA—Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan melakukan penataan penggunaan frekuensi secara menyeluruh, tidak hanya untuk pemilik lisensi 3G.

”Kami sedang mengaji untuk menata frekuensi secara menyeluruh, terutama terkait dengan penggunaan akses internet. Rencananya yang akan ditata di 2,1 GHz dimana selama ini untuk teknologi 3G dan 2,5 GHz yang  dikuasai oleh operator satelit,” ungkap Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika M.Budi Setyawan di Jakarta, kemarin.
Menurutnya, langkah ini dilakukan pemerintah karena tidak mau menyelesaikan kasus penataan frekuensi secara sepotong-potong seperti yang terjadi di 2,3 GHz dan penyusunan kanal kedua di 2,1 GHz yang sarat dengan tarik-menarik sehingga penyelenggaraan layanan menjadi terganggu.
”Kami tidak mau mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) hanya untuk satu kasus. Idealnya satu Permen untuk semua penataan frekeunsi. Misalnya,  untuk penataan di 2,1 GHz akan diselesaikan tiga hal yakni masalah posisi Telkomsel, kewajiban pembayaran biaya frekuensi Smart Telecom, dan tender untuk kanal ketiga,” katanya.
Berkaitan dengan nasib pergeseran posisi  Telkomsel dari  kanal 4 dan 5,   ke kanal 5 dan  6 di spektrum 2,1 GHz,  agar Tri bisa berada di kanal 1 dan 2, sedangkan Axis di 3 dan 4, Iwan mengatakan, hingga saat ini tidak ada langkah maju yang didapat.
Diungkapkannya, Telkomsel masih bersikukuh untuk mendapatkan kanal ketiga sehingga bisa berdampingan dengan posisi yang ada saat ini. Hal ini tak bisa diluluskan karena XL juga menginginkan kanal ketiga sehingga untuk mendapatkan kanal tambahan harus dilakukan lelang.
”Kami sayangkan kala setahun lalu di rapat sudah disetujui untuk pindah dan itu ditandatangani oleh pejabat Telkomsel setingkat Vice Presiden. Ternyata kesepakatan itu tidak melalui konsultasi dengan dewan direksi dan komisaris sehingga sekarang menjadi masalah. Karena itu sekarang jika ada pengambilan keputusan strategis, saya minta yang menandatangani Direktur Utama operator,” ketusnya.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s