290911 AP I Janji Tingkatkan Indeks Kepuasan Pelanggan

JAKARTA–PT Angkasa Pura I (AP I) berjanji meningkatkan indeks kepuasan pelanggan (Customer Satisfaction Index/CSI) yang dimilikinya dari 3,57 menjadi di kisaran 4 dalam skala Likert.

“CSI di bandara-bandara yang dikelola AP I masih rendah. Kita bekerja keras angka itu ditingkatkan. Apalagi Airport Consul International (ACI) akan mengevaluasi beberapa bandara yang kita miliki tak lama lagi, kita tak ingin CSI makin jeblok,” ungkap Direktur Utama AP I Tommy Soetomo di Jakarta, Rabu (28/9).

Diungkapkannya, bandara-bandara yang akan dievaluasi adalah Ngurah Rai, Hasanuddin, dan Juanda. “Organisasi ini mengevaluasi segala aspek di bandara yang terkait dengan kepuasan pelanggan. Bahkan ada juga yang dihitung sesuatu diluar kuasa pengelola airport seperti waktu check in dan pengambilan bagasi dimana merupakan tanggung jawab ground handling,” jelasnya.

Dikatakannya, AP I sendiri sudah berbenah. Misalnya, menjaga kebersihan toilet. Keberhasilan menjaga toilet oleh AP I diganjar penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih Bandara tahun 201.

Sebanyak 10 dari Bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I masuk kedalam 20 Toilet Bersih Bandara. Sedangkan toilet Bandara Juanda menyabet juara pertama award tersebut.

Dari sisi kapasitas, pembangunan terminal II bandara Juanda Surabaya akan dilakukan bulan depan yang menelan investasi 400 miliar rupiah dimana pelaksana proyek Waskita.”Saat ini Juanda melayani 12,1 juta penumpang, sementara kapasitasnya 6,5 juta penumpang. Adanya terminal II akan menaikkan kapasitas sekitar 4 juta penumpang,” jelasnya.

Kualitas SDM
Direktur Personalia dan Umum AP I Yushan Sayuti menambahkan, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) juga akan ditingkatkan dalam rangka mencapai tiga target perseroan yakni layanan memuaskan, eksploitasi omset non aeronautika, dan peduli lingkungan.

“Kami mengalokasikan dana sebesar 28 miliar rupiah untuk pengembangan SDM. Sekarang AP I memiliki kampus pusat pelatihan SDM kebandaraudaraan bertaraf internasional yang akan mencetak SDM andal,” katanya.

Diungkapkannya, pada kampus Excellent Center (Excell) akan diselenggarakan diklat untuk managerial muda, madya, dan utama bagi 3.700 karyawan. Lembaga ini kontennya bekerjasama dengan konsultan SDM Dunamis.

“Dalam dua tahun akan dicetak 200 manajer muda yang terbagi dalam 6 angkatan. Per Diklat anggarannya 400 juta rupiah,” katanya.[Dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s