270911 Kemenkominfo Sertifikasi BB Buatan Malaysia

JAKARTA—Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) disinyalir telah mensertifikasi BlackBerry (BB) varian 9360 buatan pabrik Research in Motion (RIM) di Malaysia pada 16 Juni 2011.

“Data yang saya miliki menyatakan sertifikasi telah dikeluarkan oleh Kemenkominfo pada 16 Juni 2011 dan diumumkan di situs resmi pada 17 Juni 2011. Ini artinya, secara institusi Kemenkominfo sudah mengetahui adanya pabrik RIM di Malaysia, sehingga pernyataan dari Menkominfo Tifatul Sembiring yang mempertanyakan keberadaan pabrik di sana menjadi mentah,” ungkap Pengamat Telematika Abimanyu Wachjoewidajat di Jakarta, Kemarin.

Dijelaskannya, sesuai regulasi alat telekomunikasi yang resmi beredar di Indonesia harus memiliki sertifikat lulus uji, namun kenyataan di sentra-sentra ponsel beredar BB buatan Malaysia tipe  8520, 9300, 9810.  “Jika barang ini masuk sebelum Lebaran sudah jelas itu illegal. Hal ini harus diselidiki,” katanya.

Menurutnya, selayaknya suatu proses uji sertifikasi, secara prosedural Kemenkominfo akan memastikan dulu pabrik pembuat, perusahaan penanggung jawab, negara asal, distributor, jenis,  dan pengujian teknis telekomunikasi pasti melalui serangkaian proses dari uji ketahanan, keamanan, fitur, dan lainnya.

“Biasanya ini memakan waktu dua minggu. Jadi, jika sertifikasi untuk satu tipe BB sudah keluar alangkah anehnya jika Menkominfo malah mempertanyakan adanya pabrik RIM di Indonesia. Posisi Kemendag juga patut dipertanyakan, kenapa tidak vokal mengungkapkan keberadaan pabrik RIM ,” tukasnya.

Selanjutnya dikatakan,  dugaan  pabrik RIM di Malaysia sudah beroperasi sejak 1 juli 2011 juga tidak tepat.  Karena selayaknya pabrik ponsel pasti produksinya akan sangat masal dan bukan hanya membuat satu  contoh untuk kebutuhan sertifikasi di Kemenkominfo.  “Ingat bahwa produksi dari RIM Malaysia bukan hanya untuk pasar Indonesia tapi pasti pasar Asia. Itu berarti pabrik itu pasti sudah beroperasi sebelum 16 Juni 2011,” tegasnya.

Sebelumnya, Menkominfo Tifatul Sembiring mempertanyakan informasi beredarnya pabrik RIM di Malaysia walau sudah dilontarkan oleh Kepala BKPM Gita Wirjawan. Tifatul menegaskan, telah bertemu Dubes Kanada dan Perwakilan RIM dimana masalah pembangunan pabrik di Malaysia belum jelas.[dni]

 

 

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s