200911 Telkomsel Bersiap Menyambut Nakhoda Baru

Kinerja Telkomsel hingga semester pertama 2011 masih juga belum menunjukkan hasil yang menggembirakan. Penguasa di pasar seluler yang menjadi andalan Telkom dalam menyumbang pendapatan ini belum berhasil keluar dari tekanan melambatnya industri telekomunikasi.

Tercatat, Telkomsel selama semester I 2011   hanya membukukan omset sebesar 23,2 triliun rupiah atau naik 4,8 persen dari periode sama sebelumnya 22,1 triliun rupiah. Earning Before Interest Tax Depreciation Amortization (EBITDA)  hanya naik satu persen dari 12,99 triliun menjadi 13,12 triliun rupiah. Laba usaha turun tiga persen dari 8,3 triliun menjadi dari 8,2 triliun rupiah. Laba bersih naik satu persen menjadi 5,98 triliun daru 5,92 triliun rupiah.

Belum lagi masalah kualitas layanan dari Telkomsel yang mulai terlihat menurun akibat belum selesainya migrasi sistem penagihan yang dibesut oleh Amdocs. Konsep single vendor pada Operating System Software, Billing Software System (OSS, BSS) justru menjadi bumerang karena   sebelumnya sudah ada sistem lain yang digunakan.

Telkom pun tidak ketinggalan diam dengan kondisi ini. Reorganisasi sepertinya kian nyata dilakukan tak lama lagi seiring telah direstui pemekaran jumlah direksi dari lima menjadi delapan.

Berdasarkan catatan, susunan direksi Telkomsel sekarang adalah Direktur Utama Sarwoto Atmosutarno,    Direktur Keuangan Triwahyusari, Direktur Perencanaan & Pengembangan Herfini Haryono, Direktur Operasi Ng Kwon Kee dan Direktur Niaga Leong Shin Loong. Dua nama terakhir adalah perwakilan dari Singtel.

Pemekaran dilakukan  dengan menambah posisi direksi sumber daya manusia (SDM), penjualan, dan Teknologi Informasi. Telkom sendiri menginginkan posisi direksi utama, keuangan, operasi, penjualan, dan SDM harus diisi oleh perwakilannya.

Direktur Utama Telkom yang juga Komisaris Utama Telkomsel Rinaldi Firmansyah menegaskan, dalam struktur reorganisasi tak akan ada jabatan Chief Operating Officer (COO).  “Jumlah direksi sudah disetujui oleh SingTel untuk ditambah dari lima menjadi 8. Jabatan Chief operating Officer (COO) seperti yang selama ini diisukan tidak ada. Untuk firm-nya nama-nama dan pos yang baru ditunggu saja,” katanya di Jakarta, belum lama ini

Kabar beredar mengatakan, Telkom telah melakukan penjaringan dari kalangan internalnya untuk menduduki posisi Direktur Utama Telkomsel. Nama-nama yang masuk dalam pantauan adalah Direktur Perencanaan dan Pengembangan Telkomsel Herfini Haryono, Dirut Telkom Vision Elvizar, Dirut Metra Alex Sinaga, Dirut Telkom Sigma Rizkan Chandra, dan EVP Sales Operation  Telkomsel Hendri Mulja Sjam.

Sementara Kementrian Badan Usaha Milik Negara juga memiliki usulan agar Komisaris Utama diduduki oleh perwakilannya. Sosok yang dipersiapkan adalah Deputi Bidang Usaha Jasa Kementrian BUMN, Parikesit Suprapto. Sementara untuk posisi Direktur Keuangan tengah dipersiapkan eksekutif dari Bank BNI atau BRI.

Dari internal Telkomsel sendiri nantinya akan ada pelantikan sekitar 54 pejabat baru untuk menduduki posisi VP dan GM sebagai konsekuesi pembentukan direktorat baru. Rencananya, pengumuman pejabat baru ini akan dibalut dalam Rapat Pimpinan (Rapim) yang akan digelar pada pertengahan September ini. Guna meredam gejolak di kalangan internal, manajemen telah meminta bantuan dari konsultan SDM untuk mengadvokasi kala sosialisasi nanti.

Banyak kalangan berharap gonjang-ganjing di Telkomsel secepatnya diselesaikan agar operator ini bisa menghadapi persaingan yang kian keras. Reorganisasi dan penunjukkan pejabat baru dinilai sebagai obat pahit yang harus ditelan Telkomsel jika masih ingin menjadi yang terbesar di pasar seluler Indonesia.

Memang, konsekuensi dari reorganisasi adalah terjadinya gejolak dan melambatnya proses bisnis untuk sementara waktu. Namun, jika para pejabat baru nantinya berhasil melakukan rekonsiliasi, maka Telkomsel akan kembali bersinar layaknya beberapa tahun lalu. Kita tunggu saja hasil berbenah ala operator yang mengklaim Paling Indonesia ini.[dni]

 

 

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s