200911 Retensi Pelanggan Usai Pesta Besar

Bulan Ramadan yang memberikan kesempatan pesta besar bagi operator telekomunikasi untuk meraup keuntungan telah usai. Namun, bagi operator masih ada pekerjaan berat lainnya yang harus dilakukan, yakni meretensi pelanggan agar tetap setia pada layanan yang ditawarkannya seusai pesta besar dijalani.

Beberapa operator langsung menggeber program pemasaran baru untuk menjaga agar pelanggan yang didapat selama Ramadan tidak pindah ke kompetitor atau berharap masih bisa mengakusisi pelanggan baru untuk mencapai target yang dicanangkan tahun ini.

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengungkapkan, kenaikan omset pada Ramadan lalu tidak begitu signifikan hanya 7 persen dari pendapatan di bulan biasa, walaupun penguasa pasar itu sudah menghentikan program bonus SMS untuk periode periode 27 Agustus – 2 September 2011.

“Tidak banyak kenaikan omset selama Ramadan karena masyarakat membagi pengeluarannya antara libur sekolah dan Lebaran yang berdekatan,” ungkapnya di Jakarta, kemarin.

VP Product Marketing Telkomsel Lindayanti Harjono menambahkan, untuk meretensi pelanggan pada sisa 2011, dikeluarkan program  InternetMania unlimited bagi pelanggan simPATI dan BonbAStis bagi pengguna KartuAS

InternetMania Unlimited menawarkan akses internet hanya  lima ribu rupiah  per hari dan  mengunduh musik seribu rupiah sepuasnya selama seminggu. Sedangkan program BonbAstis menawarkan bonus pulsa hingga 200 persen.

Group Head Segment Management Indosat Insan Prakarsa menjelaskan,  perseroan membuat program yang   berkelanjutan karena Indosat ingin menekan angka pindah layanan. “Tantangan setelah Ramadan ini adalah membuat pelanggan yang baru memiliki Indosat tidak berpindah karena masih ada momen Lebaran Haji, Natal, dan Tahun Baru,” katanya.

Brand Manager IM3 Andre Reynaldi menambahkan, program terbaru yang diluncurkan oleh anak usaha Qatar Telecom itu adalah  “Pulsa Langsung Kembali” bagi pelanggan prabayar IM3, Mentari dan Indosat Mobile.

Dikatakannya, selain bonus bicara, Indosat juga menyediakan beragam pilihan Paket Nelpon, SMS dan Internet melalui Indosat Mobile dan IM3. Tersedia dalam paket Harian, Mingguan dan Bulanan, pelanggan Indosat Mobile juga dapat menikmati tarif Rp. 300/menit ke semua operator. Bagi anak muda, IM3 menghadirkan promo hanya kirim 2 SMS Gratis Nelpon dan SMS ke semua operator.

Sementara Direktur Marketing XL Joy Wahjudi mengungkapkan, perseroan mengandalkan program  “Xmua 49” yang menawarkan kemudahan untuk mengakses internet dan layanan data, antara lain berupa Paket BlackBerry dan Internet Unlimited, untuk memanfaatkan sisa waktu yang tersisa di 2011.

Dijelaskannya,  program “Xmua 49” ini menawarkan paket berlangganan XL BlackBerry Full Service hanya  49 ribu  rupiah per 30 hari selama 3 bulan pertama. Paket istimewa ini hanya berlaku untuk pelanggan baru, baik prabayar maupun pasca bayar.

Paket berlangganan XL Internet Unlimited juga bisa didapatkan pelanggan dengan harga 49 ribu rupiah per 30hari.  Dengan berlangganan semurah itu, pelanggan akan mendapatkan layanan berkecepatan sampai to 512 Kbps.

Selain itu, program “Xmua 49” juga menawarkan paket bundling BlackBerry Bold 9900, iPhone4 16 GB, dan Samsung Galaxy SII dengan cicilan sangat menarik, yaitu sebesar  490 ribu rupiah per bulan selama 12 bulan. “Kami sadar pelanggan sekarang sangat menginginkan layanan dan perangkat data yang terjangkau. Program “Xmua 49” adalah jawabannya,” katanya.

Tak Ketinggalan

Tak mau ketinggalan kereta, operator papan tengah juga langsung tancap gas usai Ramadan. Axis yang telah memiliki 15 juta pelanggan, bernafsu ingin memiliki 18 juta pelanggan pada akhir tahun ini. Axis terus melakukan berbagai promosi tarif, khususnya memberikan harga murah untuk layanan telepon dan SMS off net (ke operator lain). Strategi ini berbeda dibandingkan dengan operator lain yang memberikan harga murah untuk layanan on net (sesama operator).

Kali ini Axis   muncul program  “Axis Pangkal Hemat, Pulsanya Tidak Habis-Habis”. Program baru AXIS ini memberikan GRATIS 10.000 SMS sepuasnya ke semua operator setelah pemakaian Rp300 dan GRATIS nelpon 1.000 menit ke semua nomor AXIS setelah pemakaian 500 rupiah yang berlaku setiap hari dari jam 12.00 malam – 05.00 sore.

“Kami sadar pasca   Lebaran masyarakat harus mengencangkan ikat pinggang. Namun kami juga mengerti komunikasi itu sudah menjadi kebutuhan mendasar. Karena itu program ini diluncurkan,” jelas Direktur Penjualan Axis Telekom  Syakieb Ahmad Sungkar.

Sementara Presiden Direktur Smartfren, Rodolfo Pantoja mengungkapkan, mengandalkan kartu Smartfren Cerdas untuk mendongkrak pelanggan datanya. “Kartu Smartfren Cerdas  dihadirkan untuk menjawab kebutuhan komunikasi data maupun suara berkualitas tinggi, cepat dan tidak lambat lagi, serta berbiaya hemat. Kami menargetkan ada dua juta pelanggan data pada tahun depan, tahun ini kita sudah memiliki satu juta pelanggan data. Sebanyak 55 persen pendapatan kami dari jasa data,” katanya

Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim mengungkapkan, tahap awal disediakan sebanyak satu juta nomor kartu Smartfren Cerdas yang dibanderol lima ribu rupiah dengan mengandalkan kecepatan data hingga 14,7 Mbps berkat teknologi Evolution Data Optimized Rev B (EVDO-Rev B).

Saat ini, jaringan Smartfren yang menggunakan total 9 kanal di frekuensi 1900 MHz dan 800 MHz, sudah tersebar cakupannya di 19 kota besar di seluruh Indonesia. Namun untuk EVDO Rev B, cakupannya baru akan sebatas di 10 kota besar saja.

“EVDO Rev B akan  digelar pada Oktober nanti di Jakarta. Untuk infrastrukturnya, akan ada 1000 pemancar khusus EVDO Rev B  dari total 4500 base transceiver station (BTS) yang ditargetkan pembangunannya hingga akhir tahun.

Dijelaskannya,  alasan Smartfren lebih fokus mengembangkan layanan data internet tak lain karena rendahnya churn rate (nomor hangus) untuk layanan data. Terlebih, average revenue per user/ARPU (penggunaan rata-rata per pelanggan) untuk data jauh lebih tinggi.

“Voice itu churn rate-nya 80 persen  sedangkan data cuma 1 persen. ARPU data kami sekitar  60 ribu rupiah, sedangkan   voice cuma 15 ribu rupiah. Berkat program pemasaran yang komunikatif, setiap bulan ada 150 ribu pelanggan melakukan aktifasi dan aktif dengan nomor barunya,” jelasnya.

Dikatakannya, saat ini Smartfren  memiliki 7 juta pelanggan, dan diharapkan pada akhir tahun nanti bisa mencapai 8 juta pelanggan. “Pada awal tahun kami menargetkan meraih 10 juta pelanggan. Sekarang kita realistis dengan 8 juta pelanggan. Soalnya konsolidasi antar dua entitas (Mobile-8 dan Smart Telecom) terus berjalan,” jelasnya.

Chief Technology Officer Smartfren Merza Fachys  optimistis target omset satu triliun rupiah yang dicanangkan perseroan pada tahun ini tercapai jika melihat lonjakan trafik data di jaringannya.

“Kami sudah menerapkan strategi  bandwidth optimizer menggunakan kompresi data melalui  pendeteksian perangkat yang digunakan oleh pelanggan dan  aplikasi yang diakses. Ini agar jaringan tidak dieksplorasi kebablasan yang berujung trafik tidak menghasilkan uang,” jelasnya.[dni]

 

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s