140911 Google Belum Berpaling dari Indonesia

JAKARTA—Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyakini  raksasa internet asal Amerika Serikat, Google, belum berpaling dari Indonesia dan akan melanjutkan rencana investasinya di negara ini.

Kepala Humas dan Pusat Informasi Kementerian Kominfo Gatot S. Dewa Broto mengungkapkan, dalam pertemuan terakhir jelang Lebaran lalu, para petinggi Google menyambangi instansinya dan menegaskan tetap akan berinvestasi di Indonesia.

“Rombongan Google kala itu diwakili oleh Mike Orgil yang menjabat sebagai Country Lead Public Policy and Government Affairs Google Southeast Asia Pacific, serta Henky Prihatna, Indonesia Country Consultant Google Inc,” katanya di Jakarta, kemarin.

Diungkapkannya, saat pertemuan itu Google tak menyinggung soal pembangunan data centernya, layaknya banyak diberitakan media massa lokal. “Masih sebatas komitmen untuk berinvestasi. Adapun model investasinya seperti apa dan berapa nilainya, Google belum mengungkap,” jelasnya.

Head of Communications and Public Affairs, Google Southeast Asia Myriam Boublil mengungkapkan, jika belajar dari dibangunnya kantor perwakilan Google di Prancis pada 2002, diperkirakan dua-tiga tahun mendatang Indonesia akan memiliki kantor perwakilan sendiri.

“Saat itu Google sudah menyediakan layanan ke Prancis meski belum membangun kantornya. Namun setelah dua-tiga tahun, Google akhirnya mendirikan juga kantornya di Prancis. Kehadiran Eric Schmidt (CEO Google) ke Indonesia, secara tidak langsung menunjukkan indikasi itu,” ujarnya.

Indonesia Country Consultant Google, Henky Prihatna, juga tidak bisa mengungkapkan secara detil rencana ekspansi Google ke Indonesia. Menurutnya, Google telah melihat Indonesia sebagai pasar yang besar dan punya potensi hebat jika bisa memaksimalkan penggunaan internet.

“Indonesia itu pasar terbesar keempat di Asia setelah China, India, dan Jepang. Tujuan kami di sini ialah untuk membantu orang Indonesia agar lebih maju lagi dengan bekal internet,” ucapnya.

Google sendiri di Indonesia sedang aktif berjualan   browser Chrome besutannya yang menawarkan   kecepatan, kemudahan, dan keamanan. Google Chrome mulai hadir dalam versi beta September 2008, dan release version Desember tahun itu juga. Pada ajang Google I/O di 2010, Chrome telah memiliki lebih dari 70 juta pengguna aktif. Dan di ajang I/O 2011 ini, angka tersebut sudah berlipat ganda menjadi 160 juta pengguna aktif.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s