080911 Migrasi IM2 Bermasalah

JAKARTA—Migrasi sistem back office yang dilakukan oleh Indosat Mega Media (IM2) ke induk usaha, Indosat, menimbulkan masalah bagi pelanggan untuk mengisi ulang pulsa dan aktivasi.

“Nomor IM2 saya kala isi ulang pulsa di ATM BNI tidak dikenali. Padahal saya biasanya isi ulang pulsa melalui ATM bank itu  tidak bermasalah dan sudah menjadi pelanggan IM2 cukup lama,” keluh seorang pelanggan IM2, Ratri, di Jakarta, kemarin.

Dikatakannya, kala mendapatkan konfirmasi dari pusat layanan IM2 memang diakui jika isi ulang melalui ATM BNI tidak lagi memilih pulsa IM2 tetapi langsung ke produk prabayar Indosat lainnya, yakni Mentari. “Karena masih ragu dengan sistem, akhirnya terpaksa saya membeli voucher fisik Indosat. Masalahnya harga voucher fisik itu diatas banderol. Misalnya untuk 25 ribu rupiah dijual 26.500 rupiah,” keluhnya.

Untuk diketahui, IM2 sejak dua minggu jelang Lebaran banyak mengirimkan email pemberitahuan ke pelanggannya tentang peningkatan kualitas jaringan dan perubahan  Access Point Name (APN) dari IM2 ke Indosat, serta pemberlakuan   sistem Top Up yang baru.

Disinyalir ini adalah realisasi  Indosat yang ingin menarik pemasaran broadband retail dimana selama ini dikelola oleh IM2 ke kantor pusat. Pelanggan   broadband Indosat sendiri   terus turun sejak kuartal I 2011. Pada semester I 2011 pelanggan broadband turun 32,6 persen atau hanya 506,8 ribu pelanggan.

 

Sebelumnya, Direktur Wholesales and Enterprises Indosat Fadzri Sentosa mengakui terjadinya penurunan pelanggan broadband karena tidak terlalu lincah beradaptasi dengan kompetisi di pasar. “Pasar di retail itu terlalu dinamis. Ditariknya produk broadband ke Indosat agar bisa lebih berorientasi kepada konsumen dan mampu bersiang di kompetisi,” katanya.

President Direktur Indosat Harry Sasongko mengakui, perseroan tengah melakukan konsolidasi terhadap pelanggan broadband dengan menarik jasa broadband retail  dari IM2 sehingga tidak terjadi pemborosan biaya dan lebih berorientasi kepada konsumen.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s