080911 Dukungan Bagi Pengembang Lokal

Indonesia diyakini memiliki potensi  pasar digital yang menjanjikan. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Ideosource, nilai industri konten di mobile dan Internet mencapai lebih dari dua triliun rupiah. Belum lagi media iklan melalui digital tumbuh 30 – 50 persen per tahun dengan nilai belanja mencapai 500 miliar rupiah  per tahun.

Ideosource adalah sebuah venture capital yang baru berdiri di Indonesia dimana spesialisasinya  memberikan penilaian serta konsultasi bisnis bagi wirausaha muda yang diyakini banyak bertaburan di Indonesia.

Lini bisnis digital yang menjadi perhatian dari Ideosource adalah konten, media, advertising, e-commerce, dan infrastruktur pendukung ekosistem digital.

Perusahaan ini membagi pembiayaan bagi pengembang lokal berdasarkan ukuran perusahaan. Dana sebesar 50 ribu dollar AS bagi pemula, 250-500 ribu dollar AS ( kelas menengah), dan satu hingga dua juta dollar AS untuk perusahaan skala besar.

Menurut Partner dari Ideosource Andi S. Boediman  cukup banyak wirausaha memiliki produk-produk yang berpotensi untuk menjadi sebuah bisnis yang profitable, namun tidak semua mempunyai kemampuan manajemen bisnis yang baik, mengerti life-cycle produk, memiliki akses ke pasar dan modal yang cukup.

“Misi kami untuk mencari, mendukung para wirausahawan, dan meyakinkan kerjasama tersebut akan mendatangkan keuntungan seimbang bagi kedua pihak” katanya   di Jakarta, belum lama ini.

Diungkapkannya, untuk membantu pengembang lokal Idesource memberikan bimbingan (mentorship) yang akan  membawa para ahli di industri masing-masing untuk membantu perusahaan meningkatkan kinerja  dengan menganalisa masalah yang ada dan mengembangkan rencana perbaikan, serta konsep yang telah terbukti bekerja.

Kemitraan Strategis (Strategic partnership) yang  menyediakan akses untuk menggunakan properti intelektual, lisensi, teknologi, dan pasar yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Inkubator yakni  proses pengembangan bisnis perusahaan yang akan membantu perusahaan pada periode start-up dengan menyediakan bantuan manajemen, dukungan bisnis, akses ke jaringan, dan ruang kantor bersama.

Terakhir, pendanaan untuk  ekuitas keuangan untuk mendanai investasi modal dan biaya yang berhubungan dengan operasional, pemasaran dan pengembangan produk.

Partner lainnya dari  Ideosource Edward Ismawan Chamdani mengungkapkan, lembaganya telah menjalin kerjasama dengan salah satu pengembang game berbasis iOS  yakni TouchTen.

TouchTen merupakan sekumpulan anak muda pengembang game-game berbasis iOS asal Indonesia yang telah sukses meluncurkan Hachiko HD di iPad yang pernah menduduki 10 besar game yang paling banyak diunduh di Apple AppStore untuk wilayah Jepang, Amerika Serikat dan Indonesia.

Game lainnya adalah Sushi Chain di iPhone dan iPod Touch diunduh lebih dari 2 juta kali diseluruh dunia. Kini TouchTen meluncurkan game terbaru bernama Hiyoko di iPhone dan iPod Touch.

”Kami menyadari potensi yang luar biasa dari TochTen sehingga tidak   tidak ragu untuk berinvestasi hingga satu juta dollar AS bagi mereka. Dana akan disalurkan  secara bertahap agar mereka dapat terus berkarya. Kami sangat yakin pada tahun 2012, game-game yang diciptakan oleh TouchTen akan dapat mencapai 20 juta pengunduh diseluruh dunia,” katanya.

Sementara menurut Praktisi konten Gunarto di bisnis digital banyak terjadi anomali. ”Kadang ide saja sudah dihargai mahal, sedangkan yang sudah eksis malah kembang kempis memperatahankan bisnisnya,” katanya.

Diungkapkannya, banyak terjadi ironi di dunia kreatif Indonesia dimana para kreator karena tidak sabar mengembangkan produknya berujung hanya menjadi tukang jahit alias membuat program sesuai pesanan dari pemodal besar.

”Umumnya para kreator tidak sabar dan senang dengan uang yang didapat sesaat, tetapi melupakan potensi keuntungan  besar yang bisa diterima di masa depan. Disinilah dibutuhkan para mentoring memberikan pengertian tentang cara berbisnis yang benar,” katanya [dni]  .

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s