060911 Operator Jatuhkan Pilihan ke Wimax 16e

JAKARTA—Operator Broadband Wireless Access (BWA) yang memenangkan tender tiga tahun lalu lebih conong memilih teknologi Wimax 16e seiring dikeluarkannya kebijakan penggunaan teknologi netral oleh pemerintah di  frekuensi 2,3 GHz  untuk  2360 – 2390 MHz.

”Berdasarkan hasil rapat terakhir yang dilakukan belum lama ini. Tiga operator sepertinya akan memilih Wimax 16e, satu masih bimbang, dan sisanya tetap pada dokumen tender yakni di Wimax Nomadic,” ungkap juru bicara Kemenkominfo Gatot S Dewo Broto di Jakarta, kemarin.

Ditegaskannya, pemerintah tidak akan memaksakan kehendak terhadap pilihan teknologi yang diambil oleh para operator. Hal yang menjadi perhatian adalah penggelaran jaringan sesuai batas waktu yakni Uji Laik Operasi (ULO) minimal pada November nanti, dan tambahan Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi sebesar sekitar 8-10 persen untuk tahun ketiga dan seterusnya jika yang dipilih teknologi netral.

Misalnya, untuk pemenang tender area Jabodetabek yang pada tahun pertama dan kedua membayar BHP sebesar 110,033 miliar rupiah, jika memilih teknologi netral pada tahun ketiga dan seterusnya  merogoh kocek sebesar  119,435 milar rupiah.

Direktur Berca Hardaya Perkasa Duta Sarosa dan Direktur Jasnita Sammy Pangerapan  mengaku tidak keberatan dengan keharusan merogoh kocek lebih dalam asalkan bisa menerapkan Wimax 16 e.

Sementara Sekretaris Perusahan Indosat Mega Media (IM2) Andri Aslan mengatakan, teknologi Wimax 16 e adalah pilihan yang realistis karena sudah memiliki skala ekonomis.

Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah mengaku masih berpegang pada dokumen tender kala lelang dilakukan yakni Wimax Nomadic. “Kami terus terang belum berubah pendiriannya. Kita lihat saja nanti dinamika pasar,” katanya.

Ketua Umum Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI)  Sarwoto Atmosutarno mengaku, teknnologi Wimax terlepas apapun pilihannya bisa menjadi solusi bagi operator 3G untuk meng-overload kapasitasnya agar jaringan tidak terbebani. “Bisa saja terjadi kerjasama antara pemain 3G dan BWA dalam membawa trafik akses ke pelanggan. Tinggal skema bisnisnya saja dibuat saling menguntungkan,” katanya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s