060911 Akses Internet Idealnya 3 Mbps

JAKARTA—Kecepatan akses internet yang ideal untuk memenuhi tuntutan gaya hidup digital saat ini adalah minimal 3 Mbps, sehingga  konsumen dapat menikmati upload maupun download, streaming video, dan musik, tanpa buffering yang mengganggu.

”Idealnya kecepatan akses internet itu memang 3 Mbps. Apalagi sekarang pelanggan telah terbiasa melakukan streaming yang membutuhkan kecepatan lebih tinggi,” ungkap Sales Director First Media Dicky Moechtar di Jakarta, kemarin.

Dijelaskannya, menyadari tren tersebut perseroan  meningkatkan kecepatan akses internet yang mereka tawarkan. Kecepatan akses yang disediakan melalui tiga paket FastNet ditingkatkan hingga dua kali lipat. Layanan FastNet Express yang sebelumnya diberikan kecepatan 2 Mbps, kini naik menjadi 3 Mbps.

Sementara FastNet Premium, dari 3 Mbps naik jadi 6 Mbps. Dan layanan FastNet Professional, dari 6 Mbps kini naik menjadi 12 Mbps. Adapun kecepatan untuk paket FastNet Family yakni 1 Mbps dan FastNet Ultimate 20 Mbps tetap. Dari sisi tarif, tidak ada peningkatan harga berlangganan untuk seluruh akses tersebut.

“Misalnya, layanan FastNet Express, tarifnya tetap 335 ribu rupiah per bulan, dan pengguna diharapkan dapat mulai menikmatinya awal September ini,” kata Dicky.

Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah mengungkapkan, perseroan tak hanya memikirikan kapasitas bandwitdh di dalam negeri tetapi juga penyaluran akses ke luar negeri karena kebanyakan konten yang diakses milik asing.

“Telkom   menyiapkan layanan broadband dengan bandwith mencapai 300 Gbps untuk akses ke luar negeri. Sebanyak 100 Gbps dialokasikan bagi akses internet Speedy, 20 Gbps untuk Telkomsel Flash, sisanya disewakan ke pihak ketiga. Kita rencananya akan tingkatkan kapasitas tersebut hngga akhir tahun nanti menjadi 400 Gbps yang menelan investasi 50 miliar rupiah,” ungkapnya.

Selanjutnya dikatakan, Telkom  juga telah melakukan peningkatan kapasitas Broadband Remote Acces Server (BRAS) di beberapa lokasi (Jakarta, Jawa Barat, Batam, Semarang, Medan & Pontianak) untuk meningkatkan kecepatan Acces pelanggan Speedy dalam mengantisipasi jumlah pelanggan Speedy.

Berdasarkan data kecepatan Internet dunia per Maret 2011, dari sekitar 200 lebih negara dan wilayah, Indonesia berada di posisi 146 dalam kategori kecepatan akses, khususnya download. Kecepatan akses Internet di Indonesia rata-rata hanya 1,34Mbps, jauh di bawah Korea Selatan (33Mbps), Jepang (16,33Mbps), dan Singapura (17,62Mbps).[dni]

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s