010911 Dua Operator Sukses Layani Lonjakan Trafik

JAKARTA—Dua operator telekomunikas mengklaim sukses melayani lonjakan trafik menjelang hari Lebaran berkat kesiapan jaringan yang direncanakan secara matang. Kedua operator itu adalah PT  XL Axiata Tbk (XL) dan PT Indosat Tbk (Indosat).

Head of Corporate Communication XL Febriati Nadira mengungkapkan, perseroan  yang memiliki 38,9 juta pelanggan pada hari biasa memiliki trafik percakapan 530 juta menit, SMS  (630 juta SMS), dan data 33 terabytes per hari.

“Kenaikan trafik terjadi mulai 29 dan  30  Agustus 2011,  dimana secara nasional trafik naik 19.31 persen  (29/8)  dan 26.14 persen (30/8) dibandingkan hari biasa. Diperkirakan pada hari ini (31/8)  trafik komunikasi masih akan terus meningkat dan akan terus dipantau,” ungkapnya di Jakarta, Rabu (31/8).

Diungkapkannya, secara detail pada 29 Agustus jumlah percakapan sebanyak   605 juta menit  atau naik 14,2 persen dibandingkan hari biasa, pada 30 Agustus  sebanyak 640 juta menit  atau naik 20,8 persen dibandingkan hari biasa.

Sementara untuk SMS pada 29 Agustus terkirim sebanyak   770 juta SMS atau naik 22,2 persen dibandingkan hari biasa dan pada 30 Agustus  sebanyak  800 juta SMS  atau naik 27 persen dibandingkan hari biasa. Sedangkan layanan data pada 29 Agustus sebesar  38 terabytes atau naik  15,2 persen dan pada 30 Agustus sebesar  38,5 terabytes  atau naik 16,7 persen dibandingkan hari biasa.

Head of Corporate Communication Indosat Djarot Handoko mengungkapkan,  trafik  suara dari 47,3 juta pelanggannya pada 28 Agustutus mengalami peningkatan menjadi sekitar 365,9 juta menit, atau naik sekitar 13,8 persen dibandingkan dengan trafik voice reguler pada pertengahan bulan Juli 2011. Kenaikan tertinggi trafik voice terjadi di area Jawa Tengah (37,9%),  Jawa Barat (31,0%), Jawa Timur (23,2%), Sumatera Selatan (19,7%), Kalimantan (11,2%) dan Sumatera Utara (5%)

Sedangkan trafik SMS pada 28 Agustus 2011  meningkat menjadi  sekitar 765 juta SMS , atau naik 6,2 persen dibandingkan trafik SMS pada pertengahan bulan Juli 2011. Keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat lebih dari 97,2 persen yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat. Sedangkan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 98 persen  walau terjadi  kepadatan jalur pengiriman antar operator. ”Kenaikan tertinggi trafik SMS terjadi di Three (15,9%), XL (9,6%) dan SMART(2,6%),”katanya.

Dilanjutkannya, untuk trafik 29 Agustus yang dialami Indosat adalah jasa suara  mengalami peningkatan menjadi sekitar 392,8 juta menit, atau naik sekitar 22,18 persen  dibandingkan dengan trafik voice reguler pada pertengahan bulan Juli 2011. Kenaikan tertinggi trafik voice terjadi di area Jawa Tengah (53,1%),  Jawa Barat (42,7%), Jawa Timur (35,5), Sumatera Selatan (29,9%), Kalimantan (17,8%) dan Sumatera Utara (10,7%)

Sedangkan trafik SMS  meningkat menjadi  sekitar 862 juta SMS , atau naik 19,7 persen dibandingkan trafik SMS pada pertengahan bulan Juli 2011. Keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat lebih dari 96,72 persen  yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat. Sedangkan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 97,4% walau terjadi  kepadatan jalur pengiriman antar operator. Kenaikan tertinggi trafik SMS terjadi di Three (31,5%), XL(23,5%),SMART(18,7%) , Ceria(16,5) danTelkomsel (14,7%).

Trafik data pada 29 Agustus 2011 meningkat menjadi sekitar  28,87 Terabyte/day, atau naik 11,7 persen  dibandingkan trafik data pada pertengahan bulan Juli 2011. Sedangkan trafik data 28 Agustus  meningkat menjadi sekitar  29,33 Terabyte/day, atau naik 13,5 persen  dibandingkan trafik data pada pertengahan bulan Juli 2011.

Sebelumnya, pemerintah memprediksi  akan terkirim sekurang-kurangnya 2 miliar layanan pesan singkat (SMS) pada H-1 hingga H+1 lebaran tahun ini. Sedangkan percakapan   akan berlangsung  sebanyak minimal 2,5 miliar menit. Selain itu, diperkirakan akan digunakan sebanyak minimal 250 terabyte untuk layanan data (khususnya internet).[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s