270811 Nyaman Berselancar Berkat Wifi

JAKARTA—Jumlah pemudik menggunakan kereta api pada angkutan lebaran kali ini boleh saja mengalami penurunan, tetapi tidak demikian dengan pelayanan bagi penggunanya.
Berdasarkan data Kementrian Perhubungan pada musim mudik kali ini moda kereta api akan mengangkut 2.991.246 penumpang atau turun 2,93 persen dibandingkan periode 2010 dengan 3.081.532 penumpang. Turunnya jumlah penumpang bukan karena rendahnya animo  masyarakat terhadap moda ini, melainkan  kapasitas dari kereta api yang siap operasi terus tergerus.
Pada 2010 terdapat 168 lokomotif yang siap operasi, sementara pada 2011 hanya 151 lokomotif. Untuk kereta yang siap operasi pada 2010 sebanayk 1.393 unit, sedangkan pada 2011 sekitar 1.378 unit.
“Pemudik menggunakan kereta itu tetap ada karena ini  salah satu moda transportasi yang menjadi favorit masyarakat dengan tarif terjangkau,” ungkap Direktur Utama XL Axiata Hasnul Suhaimi di Jakarta, kemarin.
Menurutnya, para pemudik yang menggunakan kereta api untuk mudik   harus dimanja dalam akses komunikasi terutama untuk  layanan data yang sedang tren saat ini. “Perjalanan kereta api itu lama, biasanya penumpang akan mencari kesibukan, salah satunya bermain dengan ponslenya,” katanya.
Berangkat dari pemikiran itulah,  XL menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI)   menyediakan akses wireles fidelity (wifi) di kereta api. Tahap awal layanan ini akan disediakan di KA Argo Bromo Anggrek  disusul dengan kereta api eksekutif lain termasuk komuter di Jabodebatek.
Untuk layanan Wifi, XL akan memasang repetear pada setiap gerbong. Ada sekitar dua repetear di pasang  di masing-masing gerbong. Setiap repetear memiliki kapasitas (konkuren) sekitar 30 call. Selain Wifi, XL juga akan menyediakan layanan telepon umum gratis (TUG) di sejumlah stasiun kereta api.
Langkah XL ternyata juga diikuti oleh PT Indosat Mega Media (IM2) dan Telkomsel. IM2  pada tahap awal menyediakan akses internet melalui Wi-Fi  di 7 stasiun dan 82 kereta eksekutif di Pulau Jawa.
Menurut Direktur Utama IM2 Indar Atmanto pengguna layanan kereta api adalah masyarakat yang sifatnya commuter sehingga membutuhkan akses internet setiap saat.  “Ini juga akan  memberikan alternatif akses kepada pelanggan broadband IM2 sendiri,” katanya.
IM2 menyediakan 2 nama jaringan Service Set Identifier (SSID) yang bisa digunakan. Pertama, SSID dengan nama IM2-KAI yang dapat diakses secara gratis bagi seluruh pengguna kereta api yang menggunakan gadget dengan fasilitas Wi-Fi. Dengan SSID ini pengguna hanya akan bisa melakukan browsing internet tanpa bisa mengunduh ataupun streaming video dan audio. Kedua, SSID dengan nama INDOSATNet. SSID ini bersifat berbayar dengan tarif  0,5 rupiah per Mb. Karena berbayar, IM2 memberikan fasilitas premium di koneksi ini seperti download dan lainnya.
Sementara Telkomsel memasang  hotspot Flash Zone  di dalam gerbong kereta api eksekutif Argo Bima, Argo Anggrek, dan Sembrani.  Tak ketinggalan juga di  Stasiun Kereta Api Gambir, Jatinegara, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Pasar Turi dan Gubeng di Surabaya.
Bagi pelanggan yang ingin menikmati akses Flash Zone  dapat menghubungi *363*600# dimana tariff yang dikenakan 5 ribu rupiah  selama 24 jam atau *363*601# untuk 2 jam pertama melalui  ponsel di berbagai lokasi yang bertanda Flash Zone. Pelanggan akan memperoleh password yang dapat digunakan untuk menikmati chatting, social networking, email, browsing, dan downloading hingga 3 Mbps (Mega bit per second).
Untuk penggunaan melalui laptop, pelanggan cukup memasukkan password dan nomor Telkomselnya saat melakukan koneksi WiFi. Bila pelanggan tidak ingat password yang telah diberikan selama masih jangka waktu satu hari pemakaian, cukup menghubungi kembali *363*600# untuk mendapatkan password  Flash  Zone tanpa dikenakan tambahan biaya.
Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan,  tersedianya Layanan internet Broadband merupakan nilai tambah dari KAI dalam hal memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh pengguna setianya. “Diharapkan dengan tersedianya layanan ini dapat meningkatkan competitiveness KAI sebagai penyedia jasa transportasi di tanah air,” katanya.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s