270811 Layanan Telekomunikasi Diprediksi Mampu Layani Lonjakan Trafik

JAKARTA—Regulator optimistis layanan komunikasi selama Lebaran nanti akan lancar walau terjadi kenaikan trafik sebesar 30 persen dibandingkan hari-hari biasa.
“Hasil pengecekan di lapangan selama 15-17 Agustus lalu untuk wilayah Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Kawasan Timur Indonesia (KTI) lainnya dinyatakan performa operator telekomunikasi tidak bermasalah,” ungkap Anggota Komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Heru Sutadi di Jakarta, kemarin.
Diungkapkannya, kala memeriksa kualitas jaringan operator beberapa waktu lalu hal-hal yang diukur adalah masalah ketersediaan jaringan, tingkat keberhasilan panggilan masuk, dan waktu pengiriman layanan pesan singkat. Parameter-parameter tersebut dicek kesiapannya, baik melalui uji sinyal di lapangan dengan test call maupun drive test.
Berdasarkan pemeriksaan di lapangan, keberhasilan panggilan untuk jalur yang diuji  rata-rata semua operator  mencapai  di atas 96,95 persen alias diatas permintaan regulasi yang minimum  90 persen.
Untuk  panggilan terputus (dropped call) maksimal 2,06 persen, sedangkan regulasi mensyaratkan  maksimal  5 persen  dengan rata-rata 1,57 persen. Sementara untuk panggilan terblok (blocked call) maksimal 1,87  persen  dengan rata-rata blocked call sebesar 1,47  persen
Pengiriman SMS  di jalur yang diuji rata-rata pengiriman adalah 97 persen di bawah 3 menit. Regulasi  sendiri meminta tingkat keberhasilan  75 persen dengan waktu kirim  dibawah 3 menit.  ”Temuan di lapangan  beberapa operator sudah bisa mencapai 100 persen  di bawah 3 menit,” katanya.
Dijelaskannya, dengan tradisi mudik, akan terjadi perubahan pola trafik originasi, dari kota-kota besar ke kota-kota kecil dan desa.  Sehingga, kapasitas jaringan di kota-kota besar akan menjadi agak tidak padat, namun sebaliknya akan menjadi padat di jalur-jalur mudik dan kota-kota tujuan.
Menurutnya, hal-hal yang berpotensi menggangu layanan operator, pertama,  masalah ketersediaan listrik. Dari laporan operator didapat informasi bahwa untuk wilayah di luar Pulau  Jawa, persoalan ketersediaan listrik menjadi kendala untuk memberikan layanan optimal, apalagi jelang Hari Raya. Kendala ini diakibatkan adanya pemadaman bergilir dalam waktu yang lama, sementara untuk menghidupkan generator pihak operator selain sulit mendapatkan BBM khususnya solar dan tambah lagi harga BBM tersebut juga sangat mahal
Kedua, tingkat dan titik Kemacetan. Kualitas pelayanan telekomunikasi akan dipengaruhi juga akibat kemacetan, yang selain membuat perjalanan terhambat, juga trafik akan terkonsentrasi pada BTS daerah yang macet tersebut. Adapun tempat-tempat yang berpotensi terjadi kemacetan dan membuat kualitas pelayanan terganggu meliputi: Tol Jakarta-Cikampek, Nagrek, Pelabuhan Merak, wilayah Jatibarang/Indramayu dan Tol Pejagan.
Dihimbaunya, agar masyarakat dapat menikmati komunikasi dengan lancar maka  layanan telekomunikasi digunakan secara efisien. Bilamana jaringan  yang digunakan sedang penuh, baik itu di sisi pengguna maupun di sisi lawan bicara, tunggu beberapa saat sebelum mencoba menghubungi lagi guna menghindari jaringan menjadi overload
Sedangkan dalam mengirimkan SMS ucapan Selamat Hari Raya hendaknya tidak dilakukan secara broadcast ke semua handai taulan, kerabat maupun relasi, namun sebaiknya bertahap karena antrian di SMS Gateway diperkirakan akan sangat tinggi mengingat saat ini pengguna telepon seluler telah mencapai angka di atas 200 juta pengguna.
”Untuk penggunaan data internet hendaknya dilakukan juga secara efisien dan cerdas untuk mengakses hal-hal yang penting saja guna menghindari kepadatan trafik data,” sarannya.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s