270811 Kemenhub Pastikan KA Layak Operasi

JAKARTA–Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan kereta api yang beroperasi selama mudik  dalam batas layak setelah dilakukan inspeksi secara mendadak di wilayah daerah operasi (Daop) I yakni di Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Senen dan Stasiun Gambir sejak 24 Agustus 2011.

 “Kami sudah memeriksa kelaikan lokomotif kereta. Ada 10 loko yang diperiksa di tiga stasiun tersebut. Hasil umum menyatakan masih dalam batas diizinkan untuk beroperasi untuk angkutan Lebaran ini,” ungkap  Direktur Keselamatan Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwi Atmoko di Jakarta, Jumat (26/8).
Dikatakannya,  inspeksi ini merupakan yang pertama dilakukan Kemenhub setelah melantik 48 tenaga petugas inspeksi kereta di lingkungan kementerian ini. Pengecekan itu dilakukan melalui cara, yakni secara periodik yakni dua kali dalam sebulan, serta sewaktu-waktu menghadapi tingginya jumlah penumpang kereta seperti massa angkutan Lebaran ini.
“Nanti akan dipublikasikan dari hasil inspeksi ini, dimana inspeksi kami lakukan sejak 24 Agustus hingga 3 September,” jelasnya.
Diakuinya,  ketersediaan tenaga inspektur masih kurang sekitar 20 persen atau masih 48 inspektur dari kebutuhan sekitar 300 tenaga. Namun, Kemenhub setiap tahun akan melantik kembali tenaga inspektur, yakni orang-orang yang sudah menjalani pelatihan khusus disertai tes.
“Jadi, ada satu penguji dan satu inspektur yang mengecek lokomotif kereta sebelum diberikan sertifikasi sesuai standarnya. Ini kewajiban operator untuk menjaga kelayakan kereta api,” katanya.
Ditegaskannya,  instansinya akan mengintensifkan pengamatan di wilayah kerja Daop I khususnya untuk kereta yang melayani perjalanan Jakarta-Yogyakarta dan Jakarta-Semarang, karena rute ini paling tinggi frekuensinya, yakni berkontribusi 45 persen  dari total perjalanan kereta api yang tersebar di 9 Daop.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s