250811 Lonjakan Penumpang Lion Air 15%

JAKARTA—Maskapai penerbangan nasional, Lion Air, mengalami kenaikan jumlah penumpang sebesar   10-15 persen selama musim mudik ini.

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait mengungkapkan, angka tersebut turun dari kenaikan tahun lalu yang mencapai 20 persen ketimbang tahun sebelumnya.

“Menjelang Lebaran tahun ini sudah ada  110.000 tempat duduk dipesan,” katanya di Jakarta, Rabu (24/8).

Dikatakannya, pada angkutan Lebaran tahun ini kenaikan jumlah penumpang lebih kecil dari kenaikan tahun lalu. Hal ini karena banyak maskapai lain yang menambah jumlah penerbangan.

Diakuinya,  meski kenaikan jumlah penumpang tidak setinggi pada tahun lalu, pihaknya sudah mengajukan extra flight sebanyak 27 frekuensi, antara lain untuk rute Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Padang, Jakarta-Banjarmasin, Surabaya-Balikpapan, Yogyakarta-Surabaya, dan Surabaya-Mataram.

“Sebenarnya kami masih bisa menambah extra flight lagi, tetapi kami harus lihat permintaan pasar dulu,” katanya.

Lion Air juga  membuka rute penerbangan baru Jakarta-Lampung  mulai Rabu, 24 Agustus 2011. Lampung adalah provinsi terakhir yang belum disinggahi Lion Air.

Penerbangan perdana rute tersebut pukul 17.00 dari Cengkareng. Keesokan harinya akan ada penerbangan pagi dari Bandara Radin Inten II, Tanjung Karang, Lampung, pukul 06.45.

Rute penerbangan ini akan menggunakan pesawat Boeing 737-300 ER atau 737-400 ER atau 737-900 ER. Edward berharap dengan adanya rute baru ini, Lion Air bisa menciptakan sinergi dari Lampung ke Jakarta. Khususnya untuk para pebisnis.

Terakhir, dipastikannya, Lion Air dipastikan bakal menggunakan pesawat udara berbadan lebar untuk memaksimalkan mobilisasi para pemudik. Pesawat Boeing 747-400 dengan kapasitas sekitar 500 penumpang akan digunakan untuk mengangkut penumpang jurusan Jakarta-Medan. Pesawat itu akan dioperasikan pada 27 Agustus dan 28 Agustus. [dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s