220811 First Media Tingkatkan Bandwitdh

JAKARTA—Penyedia internet broadband dan TV berbayar berbasis kabel, First Media, meningkatkan standardisasi kapasitas bandwidth pelanggan menjadi 3 Mbps di 500 ribu home pass hingga akhir 2011 untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggan mengakses layanan.

“Kami berinvestasi sebesar
2,5 juta dollar AS untuk
merealisasikan aksi ini. Dana tersebut digunakan
membeli perangkat
cable modem termination systems (CMTS)
untuk menaikkan kapasitas througput dan speed upgrade melalui lima titik Jabodetabek,” ungkap Wakil Dirut First Media Dicky Moechtar di Jakarta, kemarin.

Diungkapkannya, upgrade akan dimulai sejak 24 Agustus ini dan diharapkan rampung akhir tahun seiring penambahan homepass dari 400 ribu menjadi 500 ribu di akhir tahun. First Media sendiri menargetkan bisa menyediakan 1 juta homepass di 2015 nanti.

Saat ini dari 400 ribu homepass yang tersedia, sudah ada 360 ribu yang menjadi pelanggan kami. Tiga ribu di antaranya sudah menggunakan fitur
high definition (HD) untuk siaran TV kabel. Pada akhir tahun diharapkan menjadi 13 ribu pelanggan HD dari posisi 10 ribu pelanggan.

Dikatakannya, walau kapasitas dinaikkan,
pelanggan tidak akan dikenakan biaya tambahan dalam berlangganan. “Ini memang sudah komitmen kami untuk menyediakan akses digital living di rumah-rumah. Bandwitdh 3 Mbps memang sudah menjadi standar dunia,” jelasnya.

Menurutnya,
dari sisi biaya berlangganan, bandwidth yang ditawarkan First Media sudah menyamai kapasitas internet yang disediakan oleh negara tetangga. “Tarif kami untuk 3 Mbps sebesar
335 ribu rupiah.
Ini sama dengan Singapura yang menawarkan biaya 35 dollar Singapura
untuk akses 3 Mbps,” jelasnya.

Selanjutnya dikatakan, tidak hanya bandwidth yang dinaikkan, konten yang disiarkan pun di perbaiki kualitasnya melalui  kerjasama dengan Fox International Channel. Disebutkan ada 15 channel yang sudah HDTV ready dari Fox untuk pelanggan HD First Media.
Di Asia, termasuk Indonesia, Fox mengoperasikan 27 saluran dengan berbagai genre hiburan dan berita seperti Starworld, Fox, National Geographic, Star Movies, V-Channel, dan lainnya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s