180811 Telkom Dukung Program SabakMoE

 

JAKARTA—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)  menyerahkan seperangkat komputer tablet   berikut konektivitas dan platform-nya sebagai bentuk dukungan terhadap proyek Sabak Ministry of Education (SabakMoE).
SabakMoE   merupakan program Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) bersama Telkom untuk mengembangkan sistem pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui konsep integrasi   Device, Network, Application & Content (DNA).
“SabakMoE merupakan pemikiran strategis Mendiknas RI bahwa standarisasi pendidikan dan penyebarluasan pendidikan hanya bisa ditempuh dengan penggunaan TIK pendidikan. Telkom akan mengembangkan sistem pembelajaran elektronik berbasis SabakMoE,” ujar Head of Corporate Communication and Affair Telkom Eddy Kurnia di Jakarta, Rabu (17/8).
Dijelaskannya,  istilah sabak mengacu sarana tulis-menulis yang terbuat dari semacam batu tipis yang dibingkai dengan kayu dengan Grip sebagai alat tulisnya. Sabak pun ber-evolusi dan kembali ke tangan siswa dalam bentuk komputer tablet  (Sabak Elektronik) yang siap menjadi alat bagi siswa berselancar di dunia ilmu pengetahuan untuk meraih prestasi.
Kemendiknas dan Telkom akan mengembangkan tablet PC tersebut sebagai alat bantu proses pembelajaran bagi siswa yang terintegrasi dengan Learning Management System (LMS), yang berfungsi juga sebagai perangkat akses konten sumber belajar multimedia dan interaktif, perangkat akses ke sistem informasi pembelajaran, jadwal, silabus, kurikulum, tugas, penilaian, hasil penilaian, pelaporan hasil belajar, perangkat untuk berkomunikasi dan berkolaborasi.
SabakMoe bisa dikatakan sebagai  alat akses Portal Rumah Belajar, sebagai media pembelajaran interaktif siswa (Lembar Kerja Siswa); dan sebagai catatan portofolio siswa.
Keunggulan SabakMoE, perangkat ini mampu mencari informasi dan menjadi media kolaborasi antar siswa maupun antar siswa dengan komunitas lainnya; dapat digunakan menyimpan ribuan buku elektronik (e-book) pelajaran maupun pengayaan siswa serta aplikasi belajar.
Selain itu SabakMoE juga memberikan kemudahan bagi sekolah, dinas dan kementerian, diantaranya dalam menerapkan TIK di dunia pendidikan, dan diharapkan akan memperbaiki indeks penerapan TIK Indonesia di dunia, alat bantu pemerataan kualitas pengajaran, menuju penjaminan standar mutu pendidikan, memudahkan sistem laporan dan evaluasi, transparansi dan akuntabilitas proses pembelajaran.
”Kita harapkan program ini  dapat mendukung fleksibilitas kegiatan belajar siswa dan kegiatan mengajar guru,” katanya.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s