180811 SKY Aviation Beli 12 Pesawat Sukhoi

 

JAKARTA—Maskapai swasta nasional, PT Sky Aviation, memperkuat armadanya dengan membeli 12   pesawat Sukhoi Super Jet 100 (SSJ 100)  senilai 380.4 juta dollar AS dari  Sukhoi  Civil Aircraft Company (SCAC).
“Kami sangat berharap pesawat  bisa diterima pada  17 Agustus 2012. Kami telah mempersiapkan sejumlah rute baik domestik, maupun rute regional Internasional untuk pengoperasian pesawat SSJ 100, ungkap,” Direktur Utama Sky Aviation Krisman Tarigan di Jakarta, Rabu (17/8).
Diungkapkannya, pesawat SSJ 100 akan dioperasikan di rute-rute merata di Indonesia Bagian Barat (Sumatera dan  Jawa), Indonesia Bagian Tengah (Kalimantan,Sulawesi, Bali dan NTT) serta Indonesia  Bagian Timur (Maluku dan Papua).
 “Dengan Armada SSJ 100,  Sky Aviation akan membuka rute-rute penerbangan antar kota di Kalimantan yang selama ini tidak dilayani serta siap melayani masyarakat di pulau-pulau Sulawesi, NTT, Maluku dan Papua. Selain pesawat SSJ 100, kami juga akan  menambah armad  dengan pesawat Sky Lander (kapasitas 19 penumpang) sebanyak 10 buah,” jelasnya.
Dijelaskannya, pembiayaan pembelian pesawat senilai 380.4 juta dollar AS  tersebut menggunakan skema pinjaman ekspor-impor dari bank Rusia yang didukung dan dijamin Pemerintah Rusia dengan  bunga khusus bukan komersial. “Saat ini kami.masih dalam pembahasan dengan pihak  bank dibantu pihak SCAC,” katanya.
PT. Sky Aviation yang merupakan salah satu unit Group Petroneks Energy adalah perusahaan penerbangan yang relatif baru, mengantongi AOC 135 -144 dari Kementerian Perhubungan pada 14 Mei 2009 dan Surat Izin Usaha Angkutan Udara Niaga Tidak Berjadwal pada 8 Maret 2010.
Armada pesawat yang dimiliki Sky Aviation saat ini 2 (dua) Grand Caravan berkapasitas 9 penumpang, 3 (tiga) Fokker 50 (F 50) berkapasitas 50 penumpang dan 2 (dua) Cirrus SR 20 dan SR 22 berkapasitas 3 penumpang.
Selain menerbangi rute-rute penerbangan baru yang menghubungkan beberpa Kabupaten, Sky Aviation juga mulai  berkiprah di domestik angkutan jemaah haji di tahun 2011 ini, yaitu angkutan jemaah haji Kabupaten Rengat (330 jemaah) dan Kabupaten Indragiri Hilir (800 jemaah) ke Embarkasi Batam.
Presiden Sukhoi Civil Aircraft Company  Vladimir Prisyazhnyuk mengaku sangat gembira  bekerja sama dengan  Sky Aviation. “Performa dari  Sukhoi Superjet 100 akan mendukung pengembangan network-rute Sky Aviation. Kami optimistis pesawat bisa dikirim pada Agustus 2012,” tegasnya.
Sukhoi Superjet 100 (SSJ 100) adalah pesawat berjelajah regional berkapasitas 100 tempat duduk yang didisain dan diproduksi Sukhoi Civil Aircraft Company (SCAC) yang bekerjasama dengan Alinea Aeronautica. Sukhoi Civil Aircraft Company merupakan  salah satu  unit dari United Aviation Corporation yang memproduksi pesawat sipil. Sementara Sukhoi unit militernya  sudah sangat terkenal dengan pesawat tempur yang memiliki kemampuan bermanuvernya. Indonesia telah memiliki beberapa pesawat tempur produksi Sukhoi.
Pesawat SSJ 100 telah berhasil menjalani penerbangan perdananya pada Mei 2008. Pesawat ini  mempunyai kemampuan kecepatan terbang maksimum 0.81 kecepatan suara (Mach 0.81) dan mencapai ketinggian 40.000 feet. SSJ 100 dapat beroperasi (take off and landing) di bandara yang memiliki  panjang landasan 1.731 meter (versi basic range) dan  sampai 2.052 meter (versi long range).
Pada Februari 2011 lalu SSJ 100 telah meraih Sertifikat Type (Type Certification) dari Otoritas Sertifikasi Rusia (the Russian Certification Authority IAC AR) dan diharapkan sertifikasi dari Otoritas Penerbangan Uni Eropa (EASA) akan  diperoleh pada 2011 ini. Produksi pertama SSJ 100 telah diserahkan pada 19April 2011 kepada Armavia Airline, satu perusahaan penerbangan sipil di Armenia.
Di Indonesia, ada dua maskapai yang telah menjalin kerjasama dengan SCAC yakni Kartika Airlines dan  PT Merukh Ama Coal sebagai pemilik   PT Dirgantara Air Service dan PT Sabang Merauke Air Charter (SMAC).
Kartika rencananya membeli 30 Sukhoi SuperJet 200 senilai 840 juta dollar AS , sayangnya hingga sekarang tidak jelas kabarnya. Sementara Merukh berniat membeli 12 unit Sukhoi SSJ 100 yang menelan investasi  30-33 juta  doolar AS dan rencananya sebagian datang pada tahun ini.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s