110811 BRTI Minta Aktivasi BIS Tanpa Pungutan

 

JAKARTA—Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) meminta operator yang menyediakan layanan BlackBerry Internet Service (BIS) untuk menghilangkan pungutan dalam aktivasi karena memberatkan pelanggan.
“SMS aktivasi untuk layanan  BIS  dikategorikan  ke aturan SMS Premium, dimana pengguna tidak lagi dikenakan biaya saat melakukan registrasi seperti ”BB On”. Apalagi aturannya setiap SMS itu seharusnya dikenakan biaya 150 rupiah, bukan 300 rupiah ,” ungkap Anggota Komite BRTI Heru Sutadi di Jakarta, Rabu (10/8).
Heru menanggapi aksi Telkomsel yang menerapkan sistem aktivasi BIS melalui SMS yang dikenakan pungutan bagi pelanggannya. Telkomsel satu-satunya operator yang menerapkan pola ini dari para mitra Research in Motion (RIM). Indosat, XL, Axis, dan Tri membebaskan pelangganya dari biaya SMS aktivasi.
Dimintanya,  Telkomsel harus tegas dalam memberikan syarat dan ketentuan berlaku. Apabila memang SMS itu dibebankan kepada pelanggan, operator perlu memberitahukan aturan tersebut.
“Walaupun idealnya SMS untuk aktivasi BlackBerry itu sudah tidak termasuk lagi, karena memang sudah dipotong buat biaya berlangganan. Jadi, bila biaya berlanggananya lima ribu rupiah, cukup sebesar itu saja. Jangan terlalu maruk menyedot pulsa pelanggan,” ketusnya.
Diungkapkannya,  sudah ada beberapa laporan yang diterima oleh BRTI terkait masalah tersebut. Namun pihaknya akan melakukan cross check dahulu, lalu kemudian meminta klarifikasi kepada Telkomsel. Karena  aturan ini sendiri masih menggunakan peraturan SMS premium.
Berdasarkan catatan, Telkomsel memiliki 2,5 juta pengguna BlackBerry dengan kapasitas ke RIM  sebesar 2,4 Gbps. Jika pola berlangganan BIS dengan menarik bayaran sekitar 700 rupiah melalui dua kali pengiriman SMS, maka Telkomsel bisa meraup omset 39,375 miliar rupiah dengan asumsi 90 persen pelanggan prabayar dan menggunakan pola berlangganan harian.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s