090811 Layanan BlackBerry Telkomsel Bermasalah

JAKARTA—Pelanggan Telkomsel mengeluhkan layanan BlackBerry Internet Service (BIS) milik penguasa pasar itu yang mulai menurun kualitasnya sejak awal Ramadan.
“Menjelang akhir pekan sebelum Ramadan, Jumat (29/7), layanan BlackBerry Telkomsel sempat bermasalah. Sangat susah untuk terkoneksi internet dan melakukan instant messaging,” ungkap seorang pelanggan, Arika di Jakarta, Senin (7/8).
Pelanggan lainnya, Ratri, mengeluhkan pola aktivasi BIS secara prabayar yang tidak ramah kantong dan pola perpanjangan secara otomatis. “Untuk aktivasi BIS harus dilakukan dua kali SMS yang menyedot pulsa sekitar 700 rupiah. Belum lagi perpanjangan BIS tanpa ada notifikasi alias pulsa dipotong secara otomotis,” keluhnya.
Telkomsel saat ini memiliki 2,5 juta pengguna BlackBerry dengan kapasitas ke RIM  sebesar 2,4 Gbps. Jika pola berlangganan BIS dengan menarik bayaran sekitar 700 rupiah, maka operator ini diperkirakan dari aktivasi saja sudah meraup omset 39,375 miliar rupiah dengan asumsi 90 persen pelanggan prabayar dan menggunakan pola berlangganan harian. Pola penarikan biaya aktivasi hanya dilakukan oleh Telkomsel. Sementara Indosat, XL, Axis, dan Tri membebaskan pendaftaran aktivasi.
Deputi VP Sekretaris Perusahaan Telkomsel Aulia E Marinto mengakui pada Jumat (29/7) layanan BIS sempat terganggu karena Link ke server Research in Motion (RIM) di Kanada terputus.
Sementara itu, VP Channel Management Telkomsel Gideon Edie Purnomo mengungkapkan, perseroan  menggandeng Universitas Pelita Harapan (UPH) Karawaci untuk mengembangkan  Aplikasi Mobile Campus BlackBerry besutan Better-B.
 “Telkomsel kini bukan lagi sekedar menyediakan SIM card atau jaringan. RIM juga tidak lagi hanya menjadi manufaktur handset. Kami adalah platform ekosistem yang menyediakan berbagai solusi berbasis komunikasi,” ujar Gideon.
 Dikatakannya, mahasiswa UPH bisa mengunduh aplikasi ini melalui link http://uph.better-b.mobi langsung dari BlackBerry-nya. Melalui aplikasi ini mahasiswa bisa mendapat informasi mulai dari jadwal kuliah, materi akademik, data akademik pribadi seperti IPK dan grafik prestasi, hingga melakukan pembayaran uang kuliah.[dni]

 

Iklan

1 Komentar

  1. Hati2 juga dengan charge GPRS dari Telkomsel walaupun sudah ambil paket unlimited yg paling mahal. Meskipun setting APN sudah dikosongkan sesuai saran dari Grapari Telkomsel, tetap saja masih kena charge juga dan selalu konsumen yang disalahkan karena pakai aplikasi aneh2.

    Kalau memang aplikasinya tidak diperbolehkan, kenapa bukan Telkomsel saja yg block agar tidak bisa diakses? Dengan demikian paketnya tinggal diganti nama jadi limited service.
    Percuma khan pakai nama unlimited kalau banyak larangannya.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s