040811 Trafik XL Mulai Naik

JAKARTA—Trafik telekomunikasi milik PT XL Axiata Tbk (XL) mulai menunjukkan kenaikan memasuki hari pertama Ramadan.
Head of Corporate Communication XL Febriati Nadira mengungkapkan, pada hari biasa trafik percakapan di perseroan sebesar  530 juta menit,  SMS (630 juta SMS), dan   data  (33 terabytes).
“Lonjakan trafik tertinggi terjadi pada hari pertama Ramadan atau 1 Agustus 2011dimana  SMS menjadi  790 juta atau naik  naik 25 persen disbanding hari biasa,  data sebesar 36,5 terabytes atau naik 11 persen disbanding hari biasa, dan  percakapan naik 8,5 persen dibandingkan hari biasa atau  575 juta menit,” ungkapnya di Jakarta, Rabu (3/8).
Diungkapkannya, kenaikan trafik mulai terjadi pada H-1 atau 31 Juli 2011 dimana ada  760 juta SMS atau naik  naik 21 persen dibandingkan hari biasa,  trafik data  36 terabytes atau  (naik 9 persen dibandingkan hari biasa, dan   560 juta menit percakapan atau  naik 6 persen dibandingkan hari biasa.
Sebelumnya, VP Network Operation Center XL Robert Dedi Purwanto mengatakan,   untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama bulan Ramadan perseroan menyiapkan 100 BTS khusus dan 18 mobile BTS. Jumlah ini diluar tiga ribu BTS 2G dan dua ribu BTS 3G yang dibangun selama tahun ini. Sementara total jumlah BTS yang dimiliki 24 ribu site.
“Kami memprediksi selama Ramadan trafik mengalami kenaikan sekitar 30 persen, baik untuk suara, SMS, atau data. Area yang akan mengalami lonjakan itu paling besar di Jawa Tengah, sementara di Jakarta dan sekitarnya justru terjadi penurunan trafik,” katanya.
Berdasarkan catatan, dari kinerja semester I 2011, XL mengalami penurunan percakapan sebesar 7 persen dari 4,17 triliun menjadi 3,87 triliun rupiah. Penurunan pendapatan percakapan itu dsebabkan penurunan rata-rata pendapatan per pelanggan (ARPU). Pada semester I 2011 ARPU pelanggan XL 32 ribu rupiah per bulan dari sebelumnya di periode sama 34 ribu rupiah per bulan.
Manajemen XL menjelaskan menurunnya produktifitas suara tak bisa dilepaskan dari migrasinya pelanggan ke jasa data. Komunikasi masyarakat dinilai bergeser ke instant messaging karena tarifnya murah dan sudah termasuk dalam paket data yang digunakan pelanggan.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s