040811 Empat PT Indonesia Terpopuler Versi Internet

JAKARTA—Empat Perguruan Tinggi (PT) Indonesia berhasil bertengger dalam daftar 20 universitas terbaik di wilayah Asia Tenggara menurut hasil riset  pemeringkatan  PT Webometrics periode Juli 2011.
Empat universitas lokal itu adalah  Universitas Indonesia (UI) di posisi 12,  Institut Teknologi Bandung (ITB) di posisi 16, Universitas Gadjah Mada (UGM) di peringkat 18, dan Universitas Gunadarma di ranking 19.
Situs webometrics.info mengungkapkan,  melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 20 ribu perguruan tinggi di dunia. Hanya 149 PT di Indonesia yang masuk pemeringkatan oleh lembaga yang berbasis di Spanyol ini, atau, ada penambahan 6 PT dari Indonesia dibandingkan edisi Januari.
Hasil pemeringkatan dipublikasikan setiap semester yaitu pada setiap bulan Januari dan Juli. Untuk edisi terbaru ini ada sedikit perubahan metodologi pemeringkatan dibandingkan edisi sebelumnya. Pemeringkatan didasarkan pada empat parameter yaitu Visibility, Size, Rich Files, dan Scholar.
Pada edisi sebelumnya, visibility diukur dengan jumlah tautan eksternal yang unik yang menuju ke website perguruan tinggi yang bersangkutan. Jumlah tautan tersebut diukur dengan Yahoo Site Explorer. Sementara Size adalah jumlah webpage pada sebuah website PT yang terindeks oleh Google, Yahoo Site Explorer, dan Bing.
Rich Files merupakan jumlah file yang ada di website PT dengan format dokumennya mencakup word, PPT, PDF, dan postscript. Sedangkan, Scholar merupakan jumlah artikel yang terindeks di Google Scholar.
Menurut webometrics.info pemeringkatan ini menggambarkan popularitas situs perguruan tinggi di dunia internet yang sangat ditentukan tingkat kekayaan produk akademik dari PT terkait.
Praktisi telematika Bayu Samudiyo mengatakan, sektor pendidikan harus mulai menyadari peran Internet tidak hanya sebagai sumber informasi tetapi juga bisa sebagai alat promosi. ”Di era internet ini tidak ada batasan wilayah. Dunia pendidikan Indonesia harus mulai menyadari peran internet untuk berpromosi dengan strategi yang tepat,” katanya. [dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s