290711 Telkom Komersialkan Jasa Pengiriman Uang

 

JAKARTA— PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akhirnya  mengkomersialkan secara resmi jasa pengiriman uang  (money remittance) melalui produk   Delima atau Delivery Money Access.
Direktur Konsumer Telkom I Nyoman G. Wiryanata menjelaskan Delima menjanjikan  kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan pengiriman  uang ke mana saja semudah   mengirim pesan singkat atau SMS.
“Kami masuk  ke  bisnis keuangan seiring dengan perubahan portofolio bisnis menjadi   Telecommunication, Information, Media, Edutainment (TIME) di mana salah satu strategi bisnis di bidang informasi adalah masuknya Telkom dalam bisnis finansial diantaranya melayani kegiatan  pengiriman uang,” jelasnya di Jakarta, Kamis (28/7).
Dijelaskannya, Telkom memilih bisnis money remittance dengan pertimbangan bisnis ini mengalami pertumbuhan yang baik secara global maupun nasional. Di samping bisnis money remittance belum begitu kompetitif dibandingkan dengan bisnis telekomunikasi.
Diungkapkannya, salah satu keunggulan dari Delima adalah proses pengiriman bisa secara Person to Person (P2P). Caranya si pengirim mendatangi Plasa Telkom atau Mitra Cash Point dengan membawa identitas diri (KTP, SIM, Pasport), kemudian mengisi formulir pendaftaran Delima e-Money yang akan dipandu oleh petugas  dan sekaligus melakukan top up.
Delima didukung oleh  sekitar 731 Plasa Telkom di seluruh Indonesia dan kurang lebih 20.000 outlet mitra Delima dan akan terus bertambah. Pengiriman maupun pengambilan uang dapat dilakukan di outlet mana saja yang berlogo Delima, antara lain di Plasa Telkom, dan outlet-outlet lain yang telah bergabung dengan Telkom seperti Perum Pegadaian, BPR KS (BPR Karya Jatnika Sadaya), Koperasi Telkom, JPLN (Jaring Lintas Palapa Nusantara), Arindo.
Pengiriman uang melalui Delima menggunakan sistem Agent to Agent (A2A), Person to Person (P2P) dan Person to Agent (P2A).   Delima memberikan kemudahan pengiriman/penerimaan uang maksimal  5 Juta rupiah dalam sekali kirim.
Sebelumnya, Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah mengungkapkan, perseroan membenamkan investasi  sebesar 15-20 miliar rupiah untuk mengembangkan Delima.
Diungkapkannya, bisnis pengiriman uang ini lumayan besar nilainya. Diperkirakan dari luar negeri ada uang sebesar 154 triliun rupiah yang dikirimkan ke negeri ini. Sedangkan di dalam negeri  yang dikirimkan mencapai 1,4 miliar dollar AS. Semua itu terjadi melalui 300 juta transaksi setiap tahunnya.
“Kami mengharapkan dalam waktu tiga tahun pertama akan ada 20 persen dari 300 juta transaksi itu yang menggunakan Delima.  Hal ini agar dalam jangka waktu tiga-empat tahun investasi yang ditanamkan untuk Delima bisa kembali,” jelasnya.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s