280711 Tidak Sekadar Berjualan

 

Momentum Ramadan tidak hanya dijadikan sebagai ajang untuk meningkatkan pendapatan melalui agresif berjualan bagi para operator. Pertaruhan kualitas jaringan dan pencitraan sebagai operator yang paling siap meladeni lonjakan trafik pun terjadi di bulan ini.
Axis Telekom (Axis) dalam rangka mendukung program pemasaran  Ramadan Blak-blakan   melakukan uji jaringan di rute terpadat jalur mudik Jakarta – Jogjakarta – Surabaya  pada 14-15 Juli lalu.
GM Technology Operations Axis Marc Proulx mengungkapkan, hasil uji jaringan yang dilakukan menunjukkan performa sangat baik,   dimana dari 656 panggilan yang dilakukan saat uji coba dilakukan, rata-rata keberhasilan panggilan (CSSR) sangat baik 98,8 persen, rata-rata tingkat kesuksesan panggilan mulai tersambung hingga percakapan berakhir (CCSR) sangat baik 99,7 persen.
Sementara untuk Maximum Data Throughput 245,3 kbps untuk 2G, rata-rata kekuatan Sinyal -64 dBm dan rata-rata kualitas sinyal 0,3 sangat baik.
XL Axiata juga tak mau kalah. Operator ini  menyediakan akses wireles fidelity (wifi) di kereta api. Tahap awal layanan ini akan disediakan di KA Argo Bromo Anggrek New Image, disusul dengan kereta api eksekutif lain termasuk komuter di Jabodebatek. Selain Wifi, XL juga akan menyediakan layanan telepon umum gratis (TUG)
Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi menjelaskan, walau pemudik yang menggunakan kereta api menunjukkan penurunan, namun kenyamanannya tak bisa dilupakan selama mudik.
”Kami ingin selama pulang mudik itu pelanggan tetap bisa aktif mengakses data. Saat ini belum ada pembicaraan mengenai tarif. Tahap awal kami menyediakan dulu fasilitas wifi di KAI agar bisa dinikmati pelanggan XL yang tengah menumpang kereta,” katanya.
Vice President Network XL Robert Dedy memperkirakan, selama Ramadan nanti trafik akan naik rata-rata hingga 30 persen untuk semua jasa yang dimiliki.”Kami menambah 100 BTS baru untuk menghadapi Ramadan dan 18 mobile BTS yang siap ditempatkan untuk menutup lokasi blank spot. Jumlah ini diluar tiga ribu BTS 2G dan dua ribu BTS 3G yang dibangun selama tahun ini. Sementara total jumlah BTS yang dimiliki 24 ribu site,” ungkapnya.
Diungkapkannya, saat ini trafik SMS yang dimiliki XL dari 39,3 juta pelanggan mencapai sekitar 630 juta SMS dengan kemampuan mengirim 59 ribu SMS per detik. Sementara trafik percakapan mencapai  sekitar 530 juta menit  dan trafik data 33 Terabytes. Sedangkan untuk kapasitas ke server Research in Motion (RIM) untuk layanan BlackBerry telah dinaikkan dari 1,6 Gbps menjadi 2 Gbps seiring telah dimiliki 1,2 juta pelanggan.
GM Network XL  Judianto mengungkapkan, pada saat Idul Fitri, terjadi pergerseran pelanggan hingga 30 persen dari kawasan Jabodetabek. Sekalipun akan terjadi penurunan trafik komunikasi di Jabodetabek, namun di beberapa titik diperkirakan akan terjadi lonjakan. ” Misalnya di daerah wisata di sekitar Jabodetabek, di kawasan ini kami akan menyiapkan mobile BTS,” ujarnya.
Ditegaskannya,   call succes rate atau tingkat keberhasilan panggilan sangat tinggi alias jauh diatas standar kualitas layanan yang ditetapkan regulator. Pada  2010, tingkat kegagalan panggilan (drop call) mencapai 1,7 persen. Sementara standar regulator  untuk  drop call maksimal lima persen. ”Tahun ini target kami drop call turun lagi menjadi sekitar 1,4 persen,” ujarnya.
Jika XL dan Axis telah sepertinya siap ”lahir dan batin” alias secara pemasaran dan jaringan menghadapi Ramadan, bagaimana dengan penguasa pasar, Telkomsel?
Operator yang sempat  menjadi pionir untuk urusan masalah uji jaringan  dengan mengajak awak media melalui program Drive Test Telkomsel Siaga beberapa tahun lalu itu  telah meninggalkan tradisi tersebut  sejak tahun lalu. Entah karena  kualitas layanan sedang menurun atau manajemen  terlalu fokus menaikkan kembali performa keuangan yang cenderung melambat sejak tahun lalu sehingga melupakan masalah pencitraan ini.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s