280711 Telkom Kaji Borong Proyek Palapa Ring

JAKARTA—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) tengah mengaji untuk memborong pengerjaan semua proyek pembangunan serat optik di kawasan timur Indonesia yang dikenal dengan nama Palapa Ring untuk memperkuat tulang punggung jaringan broadband nasional.
“Kami sedang mengaji mengerjakan semua rute yang ada di Palapa Ring itu setelah tahap pertama selesai dikerjakan kuartal I 2011. Saat ini kita sedang menyiapkan tender untuk pembangunan tahap II,” ungkap EGM Infratel Telkom David Bangun di Jakarta, kemarin.
Diungkapkannya, untuk tahap II dari pengerjaan Palapa Ring diperkirakan akan menelan investasi sekitar 2,4 triliun rupiah dengan panjang serat optic sekitar 4 ribu km. Rute yang akan dilalui adalah Menado, Ternate, Halmahera, Ambon, Fak-fak, Timika, hingga Sorong.
“jalur ini melanjutkan tahap pertama yang dikenal dengan nama  Mataram-Kupang Cable System (MKCS)  sepanjang 1.041 km yang menelan biaya sekitar 600 miliar rupiah,” katanya.
Dikatakannya, Telkom saat ini sedang mengaji kelayakan secara bisnis jika semua tahapan pembangunan dari proyek Palapa Ring dikerjakan sendirian oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut. “Setelah hasil studi kami selesai, kami akan berbicara dengan anggota lainnya dari konsorsium Palapa Ring. Hingga saat ini anggota konsorsium itu belum bubar. Secara etika tentu harus ada pemberitahuan,” katanya.
Palapa Ring sendiri merupakan megaproyek pembangunan tulang punggung (backbone)  yang terdiri dari 35.280 kilometer serat optik bawah laut (submarine cable) dan 21.708 kilometer serat optik bawah tanah (inland cable) pada 7 cincin (ring) melingkupi 33 provinsi dan 460 kabupaten.
Di Kawasan Timur Indonesia (KTI) sendiri pembangunan Palapa Ring terdiri dari submarine cable dan inland cable sepanjang 10.812 km yang menghubungkan Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.
Ketua Tetap Bidang Telekomunikasi Kadin Johnny Swandi Sjam mengatakan, sebagai perusahaan dimana  sahamnya  mayoritas dimiliki pemerintah merupakan hal yang wajar Telkom  mengambil inisiatif untuk memulai pembangunan Palapa Ring.
“Telkom telah memulai pembangunan proyek yang sarat dengan tarik ulur ini. Rasanya wajar diberikan penghargaan.,“ katanya.[dni]

 

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s