120711 Kuota Rute Jakarta-Singapura akan Ditambah

JAKARTA–Otoritas penerbangan sipil Indonesia sedang mengaji penambahan kuota untuk rute Jakarta-Singapura seiring telah habis alokasinya beberapa bulan lalu.

“Memang ada rencana untuk melakukan negosiasi dengan pemerintah Singapura untuk menambah kuota Jakarta-Singapura. Tetapi saya tidak bisa bilang akan ditambah berapa, tergantung Indonesia kesana berapa kali dan dari Singapura berapa kali. Kami mempertimbangkan maskapai siapa saja yang sudah pakai. Ini sama persis seperti Australia dari 14.800 jadi 25.800 per minggu,” ungkap Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan  Edward Silooy di Jakarta, Senin (11/7).

Diungkapkannya, saat ini Batavia Air yang mau menambah kuota Jakarta-Singapura. “Baru Batavia yang ajukan, dari kita sudah setuju untuk maskapai ini,” katanya.

Saat ini, sebanyak enam maskapai dalam negeri telah melayani penerbangan ke Singapura, yakni Garuda Indonesia, Lion Air, Indonesia AirAsia, Mandala Airlines, Sriwijaya Air, dan Batavia Air.

Adapun terdapat tiga maskapai asal Singapura yang melayani penerbangan ke Indonesia yakni Singapore Airlines, Valueair/Jetstar, dan Tiger Airways.

Direktur Komersil Batavia Air
Sukirno Sukarna mengungkapkan, guna mengakali  habisnya kuota Jakarta-Singapura, maskapainya berencana membuka rute penerbangan ke Singapura melalui Bandung, Jawa Barat.

Diungkapkannya, Batavia Air akan membuka rute baru ke Singapura yakni dari Bandung mulai 28 Juli 2011. Pesawat yang digunakan Airbus 320 dengan frekuensi sebanyak tiga kali seminggu.

Diharapkannya, load factor atau tingkat keterisian penumpang dari rute baru itu mencapai 70 persen untuk tahap awal.

Pasar yang dibidik dari Bandung-Singapura ini adalah para buruh dari Singapura maupun wisatawan.
“Pasar Bandung itu menarik bagi Singapura, makanya kami optimistis dapat meraup pasar ini,” katanya.

Batavia Air untuk rute internasional sudah terbang ke sejumlah negara yakni Singapura, China, Riyadh (Arab Saudi), dan Kuching. Tahun depan akan kembali membuka rute baru yakni Bangkok, Abu Dhabi, dan Australia.[Dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s