050711 Telkom Raih Penghargaan di Bidang SDM

JAKARTA—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berhasil meraih sejumlah penghargaan di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia dari Dunamis Organization Services dalam rangka  memperingati Hari Kinerja Karyawan Nasional (HK2N) dan Apresiasi Indonesia Human Capital Study (IHCS) 2011.
Penghargaan yang disabet Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di  ajang   yang bertujuan mengetahui sejauh mana penerapan Human Capital System di suatu perusahaan dibandingkan rata-rata perusahaan dalam industrinya itu adalah  The Best For Human Capital Index Kategori Infrastructure, Utilities, & Transportation Industry,      The Best For Employee Net Promoter Score Kategori Infrastructure, Utilities, and Transportation Industry,      The Best for All Criteria,      The Best for CEO Commitment, dan       The Best For Human Capital Initiative.
“Perusahaan telah melakukan perubahan pengelolaan secara drastis sebagai jawaban atas perubahan kondisi eksternal yang mendasar dan sedang berlangsung. Usaha kami ini ternyata diperhatikan pihak ketiga dan diberikan penghargaan. Kami berterima kasih untuk itu,” kata  Operation Vice President Public Relations Telkom, Agina Siti Fatimah di Jakarta, kemarin.
Dijelaskannya, karyawan Telkom dipandang dan dihargai sebagai aspek penting dalam pengelolaan perusahaan karena adanya pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta atribut-atribut individual lainnya (human capital) yang melekat pada setiap pekerja yang sangat diapresiasi dan bernilai tinggi bagi perusahaan sehingga dilakukan pengelolaan sebaik-baiknya.
Menurutnya, dalam bidang sumber daya manusia, Telkom melakukan pengelolaan human capital dengan menggunakan pendekatan Competency-Based Human Resource Management (CBHRM). “Keseluruhan praktik manajemen merupakan upaya sinergis untuk menjadikan perusahaan secara konsisten mampu memberikan pelayanan kelas dunia,” tambahnya.
Indonesian Human Capital Study (IHCS) mengukur tiga komponen Human Capital System meliputi pemenuhan kebutuhan manajemen dalam penerapan Human Capital System di suatu perusahaan dengan indikator Human Capital Index (HCI), pemenuhan kebutuhan karyawan dalam penerapan Human Capital System di suatu perusahaan dengan indikator Net Promoter Score (NPS) dan Human Capital Score (HCS) serta mengukur bagaimana inisiatif-inisiatif sistem Human Capital yang dimiliki oleh suatu perusahaan baik yang sudah, sedang dan akan dilakukan.
Berdasarkan studi tersebut, terdapat beberapa temuan menarik diantaranya dari sisi Human Capital Effectiveness yang menunjukkan bahwa besarnya kontribusi keterlibatan karyawan terhadap revenue perusahaan di semua industri menunjukkan meningkat. Sementara itu dari sisi Human Capital Investment, studi menunjukkan hasil bahwa penyediaan akses oleh perusahaan terhadap program pelatihan/training bagi para karyawan di industri infrastruktur, utilitas dan transportasi memiliki kecenderungan kenaikan yang paling signifikan terutama pada tahun 2008 dan 2009.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s