040711 Maskapai Angkutan Haji Lindung Nilai Harga Avtur

JAKARTA—Maskapai yang akan melayani angkutan haji berencana melakukan lindung nilai (hedge) seluruh avtur yang digunakannya untuk keperluan penerbangan haji 2011  karena pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hanya mengizinkan maskapai  untuk menggunakan satu tarif selama musim haji.
“Lindung nilai itu biasa dilakukan. Apalagi penerbangan haji biasanya ditentukan tarifnya, dan tidak boleh berubah. Sehingga kami juga harus menghitung biayanya mendekati fixed juga.  Salah satu komponen terbesar dalam melayani penerbangan haji adalah biaya avtur,” jelas Direktur Keuangan Garuda Indonesia Elisa Lumbantoruan di Jakarta, akhir pekan lalu.
Diperkirakannya,  jumlah avtur yang akan digunakan perseroan untuk penerbangan haji tahun ini tidak jauh berbeda dengan yang digunakan pada musim haji 2010, yaitu sekitar 610 ribu barel. Sebab Garuda hanya menargetkan bisa mempertahankan jumlah jemaah yang dilayani pada 2010, sehingga jumlah penerbangan yang dilakukan menggunakan jenis pesawat yang sama tidak mengalami perubahan.
“Kami akan segera membuat perjanjian lindung nilai avtur dengan Pertamina  begitu memperoleh kontrak layanan haji dari Kementerian Agama. Saat ini proses tender sedang berlangsung. Kebijakan lindung nilai tidak memberikan keuntungan besar bagi Garuda, karena sejak 2004-2010 hanya menghemat biaya avtur  6 miliar rupiah,” ujarnya.
Berdasarkan catatan, pada tahun lalu Garuda menerbangkan 118.999 jemaah atau 56,39 persen dari total 211.000 jemaah dan 92.001 jemaah lainnya diterbangkan Saudi Airlines.
Garuda memperoleh pendapatan  1,84 triliun rupiah  dari melayani penerbangan haji 2010.  Pendapatan penerbangan haji memberikan kontribusi sebesar 9,42 persen dari total pendapatan Garuda di 2010 yang besarnya  19,53 triliun rupiah.
Rencananya, untuk pelaksanaan angkutan haji tahun ini pemerintah akan  melibatkan maskapai lain di luar Garuda dan Saudi Airlines. Tercatat PT Metro Batavia sudah mengajukan penawaran harga kepada Panitia Kerja Biaya Penyelenggara Ibadah Haji dari dua embarkasi yaitu  1.810 dollar AS per jemaah untuk embarkasi Banda Aceh dan  2.008 dollar AS per jemaah untuk embarkasi Makassar. Batavia menargetkan bisa melayani 35 ribu jemaah reguler tahun ini.
Kementerian Perhubungan sendiri mengusulkan biaya dan tarif angkutan haji 2011 sebesar  1.839 dollar AS per jemaah dengan  sudah memperhitungkan margin sebesar 10 persen bagi maskapai.[dni]
Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s