300611 Telkomsel Bidik Pembayaran ERP

JAKARTA—Penguasa seluler nasional, Telkomsel, membidik sistem pembayaran Electronic Road Pricing (ERP) jika pola penggunaan jalan berbayar itu diimplementasikan di Jakarta.
“Tentu ini akan menjadi peluang yang tak bisa disia-siakan oleh produk uang digital Telkomsel, T-cash. Pola pembayaran untuk ERP akan sangat cocok bagi T-Cash yang tak lama lagi akan menggunakan sistem  SIM Card dengan Radio Frequency Identification (RFID),” ungkap Vice President Mobile Commerce Telkomsel Bambang Supriyogo di Jakarta, Selasa (28/6).
T-Cash  merupakan layanan elektronic money (e-money) yang memungkinkan pelanggan Telkomsel melakukan transaksi seperti belanja di toko, membayar tagihan, transfer sejumlah dana, kapan saja di mana saja melalui ponsel.
Dijelaskannya, melalui T-Cash yang nantinya telah dibekali RFID maka pengguna jalan yang masuk area ERP tidak perlu repot memasang Electronic Data Capture (EDC) di mobilnya karena sudah terpasang di ponsel. “Nanti cukup menaruh ponsel di dashboard mobil dan saldo di uang digital akan berkurang. Ini akan signifikan menekan biaya investasi dan adanya jaminan transparansi keuangan. Apalagi, di Jakarta Telkomsel sudah memiliki sekitar 14 juta pelanggan,” jelasnya.
Diungkapkannya, sebelum menuju untuk tahap RFID, T-Cash sedang dikembangkan outlet untuk melakukan Cash In dan Cash Out tidak hanya sebatas di Grapari dan Indomaret. ”Rencananya pada Agustus nanti, top up dari T-Cash bisa dilakukan di jaringan ATM Bersama. Jika ini terjadi, akses untuk mendapatkan uang digital akan lebih mudah karena jaringan ATM bersama lumayan banyak,” jelasnya.
Dikatakannya,  saat ini Telkomsel telah bekerjasama dengan sekitar 471 merchant dengan jumlah terminal T-Cash sekitar 12.204 unit di seluruh Indonesia. Saat ini pengguna T-Cash yang teregister  sekitar 5,5 juta pelanggan, sementara yang aktif hanya 1,5-2 persen dengan nilai transaksi per orang sekitar 90 ribu rupiah. Telkomsel menargetkan T-Cash digunakan sekitar 8 juta pelanggan hingga akhir tahun ini.
Sementara Deputi Vice Presiden Corporate Secretary Telkomsel Aulia E Marinto menjelaskan,  empat faktor yang harus diutamakan dalam e-money, yaitu keamanan, efisiensi, akses dan proteksi konsumen.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s