230611 Telkom Sigma Bidik Pemain Global

JAKARTA–Telkom melalui anak usahanya, Telkom Sigma, membidik pemain global di bisnis internet untuk meningkatkan pasar cloud computing miliknya.

“Kami telah  mempersiapkan data center dengan investasi  400 miliar rupiah untuk mengembangkan lini bisnis berbasis cloud computing di Indonesia. Sasaran dari bisnis ini bukan hanya perusahaan dalam negeri, namun juga raksasa internet dunia  seperti Google dan Research in Motion (RIM),” ungkap  Presiden Direktur Telkom Sigma Rizkan Chandra di Jakarta, Rabu (22/6).

Diungkapkannya, ekspansifnya perseroan di pasar cloud computing untuk mendukung target omset pada tahun ini meraih angka 600 miliar rupiah.

Telkom Sigma sendiri menargetkan pertumbuhan pendapatan 16 persen  tahun ini melalui ekspansi di luar pasar keuangan dan perbankan.

Pada tahun lalu, anak usaha Telkom ini  berhasil meraih omset sebesar  500 miliar rupiah atau tumbuh 25 persen  dibandingkan 2009 sebesar  400 miliar rupiah.

“Kami sudah berbicara cukup jauh dengan Google, sejauh ini progress-nya baik. Kalau kami sudah bisa memenuhi kebutuhan sampai level tier-4-nya Google, maka kebutuhan lain seperti untuk RIM dengan BlackBerry tak ada masalah lagi,” ungkapnya.

Selanjutnya diungkapkan, selain dari pemain global, perseroan juga membidik  small medium business (SMB) dengan omset  100 miliar rupiah dari total pasar ini sebesar 108 miliar rupiah.

Diungkapkannya, kebanyakan pengguna cloud computing adalah dari segmen korporasi yang membutuhkan infrastruktur dan aplikasi teknologi informasi tanpa mesti menginvestasikan dana yang besar dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Saat ini, pelanggan cloud computing terbesar dari Telkom Sigma adalah datang dari perbankan, yaitu Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di seluruh Indonesia.

“Untuk perbankan yang lain, terutama yang besar, mungkin akan menggunakan cloud computing dari sisi pemasarannya saja, bukan pada corebanking-nya,” jelasnya.

Masih menurutnya,  cloud computing pada dasarnya terdiri dari datacenter, aplikasi, infrastruktur TI, dan jaringan. Dari sisi datacenter, Sigma sudah memiliki sumber daya tersebut sejak 1980-an, sedangkan dari sisi jaringan, perusahaan tersebut jelas mengandalkan jaringan milik induk usahanya, yaitu Telkom grup.

Layanan cloud computing yang diselenggarakan Telkom Sigma saat ini merupakan pengembangan model yang sebenarnya sudah dilakukan sejak awal 2000 melalui IT Managed Services yang meliputi IT Operation, Management Services, Data Recovery Services, dan Data Center Infrastructure.

Layanan tersebut digunakan oleh lebih dari 60 perusahaan dari berbagai industri dan sebagian besar berasal dari industri keuangan yang sangat mementingkan security terhadap pengelolaan data yang mereka miliki.

“Kami sangat diandalkan Grup Telkom untuk menggenjot dari sisi aplikasi teknologi informasi, terutama cloud computing di tengah penurunan layanan voice yang cukup signifikan,” tuturnya.

Saat ini pertumbuhan cloud computing luar biasa besarnya, bahkan sampai ribuan persen di Indonesia, mengingat industri, terutama UKM, sangat berminat dalam menjalankan usahanya menggunakan IT, tapi berinvestasi rendah.

Berbagai model bisnis yang ditawarkan, keuntungan pengguna jasa menggunakan cloud computing, antara lain  pola bisnis membayar bulanan atau sesuai kebutuhan, mengurangi risiko investasi teknologi informasi  karena menggunakan infrastruktur sesuai kapasitas yang diperlukan, mengubah belanja modal menjadi biaya operasional karena cara membayar dengan metode berlangganan, dan sebagian besar pemeliharaan akan diberikan kepada penyedia layanan sehingga pengguna tidak direpotkan dengan pekerjaan rutinitas operasional dan pemeliharaan.[Dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s