170611 Infomedia Manjakan Pecinta Kuliner

JAKARTA—PT Infomedia Nusantara (Infomedia) memanjakan pecinta kuliner dengan meluncurkan portal infojajan.com yang diharapkan akan menjadi direktori kuliner terbesar di Indonesia.

“Kami meluncurkan kembali portal infojajan.com dengan tampilan yang lebih menarik dan interaktif. Perbaikan dilakukan dengan mengusung  teknologi berbasis web 2.0 yang menekankan  pada user generated content sehingga  memberikan kemudahan bagi pengakses situs dalam mencari informasi,” ungkap Presiden Direktur Infomedia  Muhammad Awaluddin di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, Infojajan.com  salah satu portal terbesar dan terlengkap di Indonesia yang masuk dalam http://www.yellowpages.co.id yang bertujuan memenuhi kebutuhan informasi kuliner di Indonesia.

Kemudahan yang ditawarkan kepada pengguna diantaranya kelengkapan informasi tentang tempat-tempat kuliner dari mulai pedagang kaki lima hingga tingkat restoran atau cafe papan atas. Tersedia beragam makanan dan rasa maupun asal makanan.

Informasi menu terbaru, diskon, pada gerai tertentu, sharing informasi diantara sesama pecinta kuliner (komentar,review, dan rating), bahkan melalui portal itu  pengakses  akan dengan mudah memperoleh resep menarik untuk uji coba kreasi dan berbagai jenis makanan.

Dijelaskannya, untuk mengembangkan  infojajan.com perseroan membagi dalam tiga tahapan. Hal ini sejalan dengan pola bisnis kuliner saat ini dimana yang ditawarkan adalah informasi, transaksi, dan delivery.

“Tahapan pertama telah kami kerjakan dengan memodifikasi infojajan.com, investasi untuk pengembangan portal ini sejalan dengan portal lainnya yang dimiliki Infomedia seperti YellowPages.co.id yakni sekitar 500 juta rupiah,” katanya.

Tahapan kedua adalah mengembangkan platform  layanan pesan dan pembayaran online dalam platform diskon dengan nilai investasi sekitar 1,5 miliar rupiah, ketiga mengembangkan delivery order. “Kita perkirakan investasi yang terserap untuk pengembangan portal ini sekitar 5 miliar rupiah hingga pertengahan 2012 nanti,” jelasnya.

Diharapkannya,  infojajan.com mampu meraup omset sekitar 1,2 miliar rupiah pada tahun ini mengingat pasar iklan di media digital lumayan menggiurkan yakni sekitar 4,25 triliun rupiah.

“Itu angka yang minim bagi perusahaan seperti Infomedia, tetapi kami harus realistis untuk tahap awal harus mengumpulkan massa yang banyak dan platform yang kuat terlebih dulu. Kita menargetkan akan ada follower di Twitter sebanyak 20 ribu akun, facebook (6 ribu akun), dan hingga akhir tahun ada 100 ribu pengunjung per bulan ke situs ini,” katanya,

Lebih lanjut Awaluddin menuturkan, salah satu keunggulan dari infojajan.com nantinya adalah merchant yang tergabung akan menjadi mitra dari program  sertifikat hadiah diskon yang dapat ditukarkan di perusahaan mitra seperti yang dikembangkan oleh situs groupon. “Nanti harganya kita bundling dalam satu pemasangan iklan. Ini tentu akan membuat portal ini semakin menarik,” katanya.

Sementara menurut General Manager Digital Media Bussiness Infomedia Muhammad Izzudin posisi infojajan.com menjadi trigger yang menarik dalam model bisnis digital media.

“Kami  akan kembangkan portal ini bisa diakses melalui perangkat mobile karena 80 persen masyarakat mengakses internet melalui mobile broadband.  Keunggulan  infojajan.com adalah tidak hanya  alamat saja, melainkan mulai dari posisi atau tempat makan, menu dan harganya. Database kami ada sekitar 17 ribu dan adanya fitur nearby akan membantu kita menemukan tempat menarik terdekat,” ujarnya.

Saat ini gerai yang tergabung dalam portal itu antara lain Sogo Food Hall, KFC, Es Teler 77, Pizza Hut, Someone House, Spinelli, dan Excelso Coffee. Jangkauan layanan informasi direktori kuliner infojajan.com meliputi 8 kota besar Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, Makasar, Balikpapan, dan Bali.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s