100611 Telkom Prakarsai World Ipv6 Day

JAKARTA—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)  “World IPv6 Day, Ethernet Workshop & Exhibition 2011 (WIDEX 2011)” pada  7-9 Juni 2011 di Telkom Research and Development Centre guna menyambut pengalamatan internet versi mutakhir tersebut di Indonesia.

World IPv6 Day merupakan kegiatan strategis yang diselenggarakan Internet Society seperti Google, Facebook, Yahoo!, Akamai dan Limelight Networks bersama organisasi lainnya akan menjalankan test flight content over IPv6 selama 24 jam pada 8 Juni 2011. Di Indonesia, Telkom sebagai pemrakarsa pertemuan itu.

Head of Corporate Communication and Affair Telkom Eddy Kurnia menjelaskan,  target test flight day adalah memotivasi semua kalangan industri, baik internet service provider, produsen hardware, operating system dan perusahaan web content untuk mempersiapkan dan memastikan transisi service IPv4 menuju service Internet Protocol versi 6 (IPv6).

“Salah satu tujuan dari World IPv6 Day adalah mengsosialisasikan isu potensial terkait masalah pengalamatan IP, dan juga solusi atas hal tersebut. Pada World IPv6 Day ini, pelanggan akan dapat mengakses konten IPv6 di internet, yang sebelumnya tidak dimungkinkan pada koneksi menggunakan IPv4 saja,” jelasnya di  Jakarta, Kamis (9/6).

Dijelaskannya, sebagai gambaran, agar komputer bisa berkomunikasi dengan komputer lain di internet, komputer tersebut harus mempunyai alamat protocol di internet, orang awam menyebutnya alamat IP. Alamat IP yang sekarang umum digunakan disebut IPv4 atau Internet Protocol versi 4 yang sudah muncul sejak awal internet lahir dan mulai distandardisasi pada 1978.

Jumlah alamat IPv4 yang digunakan sat ini diprediksi akan habis pada 2011. Tanpa melakukan suatu antisipasi, para pengguna Internet akan menjadi terbatas secara fungsional. Solusi jangka panjang untuk masalah ini adalah dengan mengadopsi IPv6 yang mampu menyediakan jumlah alamat jauh lebih banyak.

IPv6 sudah digunakan secara ekstensif di banyak jaringan, namun belum pernah secara global diaktifkan. ”World IPv6 Day membantu para pemain industri untuk secara bersama-sama mendukung protocol IPv6 bersamaan dengan prediksi habisnya IPv4,” jelasnya.

Menurutnya, melalui komitmen bersama dalam mengaktifkan IPv6 pada website utama, para pemain di industri dipandu mempersiapkan transisi pada sistem mereka melalui program sharing knowledge dari Metro Ethernet Forum (MEF), workshop, diskusi panel, dan exhibition yang melibatkan para ahli.

Staf Ahli Bidang Teknologi Kemenkominfo  Prof. Dr. Kamarullah Ramli  mendukung  inisiasi IPv6 di Indonesia sebagai solusi menghadapi krisis atau keterbatasan alokasi IPv4 terutama untuk wilayah Asia Pasifik.  “Ini bagian dari Indonesia menuju Indonesia IPv6 Ready 2013  yang telah disampaikan dalam Deklarasi Bali, 9 Juni 2010 dan keputusan Menkominfo tentang Gugus Tugas Penanganan Krisis IPv4 dan Implementasi IPv6 Nasional (ID-IPv6TF),” katanya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s