010711 Infomedia Seriusi Bisnis HR Services

JAKARTA— PT Infomedia Nusantara (Infomedia) mulai menseriusi bisnis Human Resources Services (HR Services) dengan menggandeng Scicom dari Malaysia untuk menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi internasional di bidang contact center management.

“Kami menggandeng Scicom yang sahamnya sekitar 30 persen dimiliki oleh induk usaha, Telkom, untuk membesarkan jasa HR Services yang merupakan bagian dari portofolio bisnis Business Process Outsourcing (BPO) Infomedia,” ungkap Presiden Direktur Infomedia Muhammad Awaluddin di Jakarta, belum lama ini.

Diungkapkannya, kerjasama dengan Scicom meliputi menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi internasional di bidang contact center management seperti seleksi dan perekrutan peserta, seleksi dan pengiriman peserta untuk memperoleh pendidikan training for the trainer, penyediaan tempat pendidikan, penyediaan sarana dan prasarana lain yang menunjang pelaksanaan program pelatihan dan sertifikasi.

Scicom berperan dalam penyediaan program pelatihan dan sertifikasi setara kurikulum internasional di bidang contact center kepada peserta dari Infomedia yang meliputi intellectual property & product suite, strategy and development, train the trainer, direct teaching support, course material & web support, external verifications, application & registrations, exams & assessments, dan penyediaan modul-modul berstandar internasional.

“Untuk tahap awal pelatihan ini diikuti level supervisor dan manager dari contact center Infomedia. Nantinya, pelatihan ini akan kami tawarkan ke perusahaan lain karena Infomedia tengah memperisapkan diri untuk membangun sebuah pusat pendidikan dan pelatihan yang diberi nama Infomedia Learning Academy,” katanya.

Diungkapkannya, untuk mewujudkan ambisi tersebut, perseroan tengah membidik satu perusahaan penyedia tenaga kerja guna diakuisisi. “Kami harapkan proses akusisi selesai tahun ini agar Infomedia bisa menawarkan solusi end to end bagi perusahaan yang ingin menggunakan jasa outsourcing HR Services dan Back Office. Infomedia Learning Academy sendiri akan menjadi anak usaha dari perseroan,” katanya.

Dijelaskannya, saat ini perseroan sebenarnya sudah menjalankan bisnis HR Services untuk induk dan anak usaha di lingkungan Telkom grup. “Petugas layanan pelanggan Telkomsel dan Telkom kami yang latih. Nanti akan ditawarkan juga modul-modul dari Scicom ini ke perusahaan lain. Pada tahun lalu dari bisnis HR Services dan Back Office sudah memberikan omset sekitar tiga miliar rupiah. Kita bidik tahun ini menjadi 53 miliar rupiah karena setiap bulan sejak Mei lalu telah menghasilkan pendapatan sekitar lima miliar rupiah,” jelasnya.

Berdasarkan catatan, pada tahun lalu, Infomedia berhasil mencatat omset sebesar  869 miliar rupiah atau tumbuh 19 persen disbanding 2009. Sementara laba bersih dibukukan  126 miliar rupiah atau tumbuh 16 persen dibandingkan periode 2009.

Hingga kuartal I 2011, Infomedia berhasil meraup omset sebesar  178 miliar rupiah atau tumbuh  42 persen dibandingkan periode sama tahun lalu, sedangkan laba bersih sebesar  5 miliar rupiah atau tumbuh 138 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Pada tahun ini ditargetkan omset melesat menjadi satu triliun rupiah dimana bisnis BPO akan menghasilkan uang sekitar 655 miliar rupiah.

Infomedia sendiri memiliki bisnis di jasa contact center dan outsourcing service,  printed ads dan digital rich content, serta  printing dan publishing . Infomedia memiliki 11 ribu contact center agents yang tersebar di berbagai pusat bisnis seperti Jakarta, Medan, Batam, Surabaya, Bandung, Bali, dan Makassar.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s