310511 Axis Dapatkan Pembiayaan US$ 1,2 Miliar

JAKARTA—PT Natrindo Telepon Seluler (NTS/Axis) berhasil mendapatkan pembiayaan  1,2 miliar dollar AS dengan jangka waktu 7,5 tahun dari institusi keuangan lokal dan internasional untuk memperkuat pendanaan operator berbasis teknologi GSM itu.

Chief Financial Officer CFO Saudi Telecom Company Ameen Al Shiddi, menjelaskan,  pembiayaan  mencakup tiga fasilitas yakni  senilai 450 juta dollar AS dalam bentuk perjanjian perdagangan Murabaha, melalui  Deutsche Bank dan HSBC dimana  proses underwriting oleh Deutsche Bank dan Saudi British Bank (SABB).

Pinjaman  senilai 400 juta dollar AS dalam bentuk pembelian perangkat dari Huawei, dimana  proses underwriting dilakukan China Development Bank. Terakhir, dana senilai 350 juta dollar AS dalam bentuk pembelian perangkat dari Ericsson, melalui HSBC dan didukung oleh EKN, Agensi Kredit Ekspor dari Swedia. Semua bentuk pembiayaan ini diatur dalam struktur pembiayaan Syariah.

“Perjanjian adalah salah satu pembiayaan dengan struktur Islam terbesar di Asia dan  internasional yang terbesar di Asia Timur. Pembiayaan ini akan mendanai ekspansi anak usaha Saudi Telecom, Axis, dan pertumbuhan strategis untuk lima tahun ke depan,” jelasnya di Jakarta, Senin (30/5).

Dijelaskannya, fokus ekspansi Axis lima tahun ke depan adalah  mobile broadband serta meningkatkan cakupan layanan secara nasional, yang nantinya diharapkan akan memberikan pendapatan financial yang lebih besar bagi grup perusahaan. “Saat ini Axis telah digunakan 11 juta pelanggan serta  tersedia di lebih 400 kota di seluruh Indonesia,” katanya.

Chief Executive Officer Axis Erik Aas menjelaskan, industri telekomunikasi Indonesia tumbuh dengan cepat dan sangat dinamis dengan penggunaan mobile broadband yang terus meningkat. “Hal ini karena 50 persen  dari populasi di Indonesia merupakan usia di bawah 30 tahun, dan semua menggunakan aplikasi jejaring sosial di ponsel mereka,” ujarnya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s