260511 Telkom Optimistis Manjakan UKM

JAKARTA—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui Divisi Business Services (DBS) optimistis memanjakan kalangan usaha skala kecil dan menengah (UKM), serta koperasi dengan solusi teknologi informasi (TI) yang dimilikinya.

“Kami memiliki solusi TI yang berbasis kepada komunitas. Jadi, setiap kebutuhan dari komunitas UKM dan Koperasi itu dipenuhi dengan sumber daya yang dimiliki Telkom,” ungkap EGM DBS Selamet Riyadi di Jakarta, Rabu (25/5).

Diungkapkannya, beberapa solusi TI yang ditawarkan DBS kepada kalangan usaha tersebut adalah e-Toko, e-Koperasi, e-Sekolah, e-Apotik, e-Radio,
e-Puskesmas, e-Campus (SIA), dan e-Bengkel. “Kami membagi segmen usaha ini berbasis manufaktur, services, dan trading,” jelasnya.

Selain itu untuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR) juga disediakan solusi BPR Satu yakni  solusi terpadu aplikasi inti perbankan (core banking) yang dipadukan dan dilengkapi dengan Customer Relationship Management (CRM) dan infrastruktur,  secara resource sharing berdasarkan konsep Software as a Service. DBS juga menyediakan Virtual Private Server (VPS) yang diberikan merek Telkom VPS.

“Saat ini kami memiliki 155 ribu pelanggan dari kalangan UKM, koperasi, dan BPR ini. Kita targetkan pada tahun ini dari penyediaan solusi TI untuk segmen usaha ini bisa memasukkan omset ke perseroan sekitar 2,3 triliun rupiah,” ungkapnya.

Menurutnya, pasar solusi TI  untuk segmen  usaha skala kecil dan menengah lumayan besar. Diperkirakan dalam kurun waktu empat tahun ke depan akan tumbuh 60,3 persen menjadi 18,6 triliun rupiah dengan rata-rata pertumbuhan per tahun 12,83 persen  dari nilai  11,6 triliun rupiah sejak 2010 lalu.

“UKM punya prospek bisnis yang sangat cerah jika semakin banyak yang mengimplementasikan solusi TI dengan tepat. Dengan solusi yang ditawarkan Telkom, kami perkirakan nilai bisnis TI dari kalangan UKM dan koperasi tahun 2011 ini sudah bisa tumbuh 10,9 persen  menjadi  12,87 triliun rupiah,” ungkapnya.

Masih menurutnya, pemicu dari besarnya nilai bisnis itu karena komunitas usaha  yang melek TI sedang tumbuh dan membutuhkan solusi serta mobilitas untuk menunjang kelancaran bisnis. “Pasar ini belum ada yang diseriusi oleh pemain lokal. Telkom sebagai operator kelas dunia ingin melayani segmen ini melalui divisi DBS, tidak hanya untuk memberikan solusi TI, tetapi membantu masyarakat memberdayakan ekonominya,” jelasnya.

DBS sendiri mulai dibentuk tahun lalu khusus oleh Telkom untuk melayani pelanggan bisnis yang sebagian besar merupakan segmen pengusaha UKM. Pada segmen ini, Telkom akan menawarkan beragam solusi untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan bisnis melalui penerapan TI yang tepat, sehingga TI bisa menjadi bisnis enabler.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s