190511 AP II Akan Bangun Kargo Village

JAKARTA–PT Angkasa Pura II (AP II) akan membangun kargo village untuk meningkatkan layanan angkutan udara di bandara Soekarno-Hatta.

“Rancangan ini ada di rencana induk atau grand design Bandara Soekarno-Hatta yang tengah disusun,” ungkap Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura II Salahudin Rafi di Jakarta, Rabu (18/5).

Dijelaskannya dalam rencana induk itu akan dibenahi secara komprehensif bandara yang kepadatan penumpangnya telah melebihi kapastitas tersebut.

Saat ini, pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta telah mencapai 44,3 juta per tahun, sementara kapasitas yang tersedia hanya 22 juta penumpang per tahun.

”Desain finalnya sudah selesai kami buat, tinggal menunggu persetujuan Wakil Presiden. Setelah disetujui, kami akan langsung membuat desain detail dan melakukan ground breaking pada 2012. Kami targetkan, 2014 nanti, Bandara Soekarno-Hatta tidak hanya hadir dengan wajah baru, tetapi juga dengan daya tampung hingga 65 juta penumpang per tahun,” jelasnya.

Dalam rencana induk tersebut, Bandara Soekarno-Hatta diorientasikan memiliki empat terminal penumpang (saat ini tiga penumpang), yang didukung sebuah sistem bernama People Mover System (PMS) yang akan mengintergrasikan seluruh terminal melalui sarana transportasi compact dan dinamis.

Selain itu, akan dibangun pula sebuah landasan pacu (runway) baru untuk mengimbangi  kapasitas terminal.

Kemudian angkutan barang akan dilokalisasi di satu terminal khusus kargo (cargo village). Selain itu akan dibangun sebuah bangunan utama berlantai empat di tengah bandara berkonsep ”one stop service”. Bangunan ini, selain akan menjadi bangunan penghubung langsung antara terminal 1 dan 2, juga akan berfungsi sebagai pusat kegiatan bisnis dan komersial moderen.

Diungkapkannya, dari sisi pelayanan saat ini kualitas  Soekarno-Hatta sudah cukup mumpuni hal itu terbukti dengan diraihnya penghargaan Service Quality (SQ) Award 2011 untuk kategori Pelayanan di Bandara Domestik Indonesia.

Selain menerima penghargaan kepuasan pelanggan dari Carre–CCSL, dalam pekan yang sama, PT Angkasa Pura II juga menerima penghargaan dari Sekolah Tinggi Manajemen Transpor (STMT) Trisakti, Jakarta. Penghargaan tersebut diberikan civitas atas kepedulian perusahaan terhadap pengembangan pendidikan dan penelitian di STMT Trisakti.

”Penhargaan ini sesungguhnya merupakan cambuk bagi kami agar tidak pernah berhenti berkreasi  dan berinovasi dalam mengupayakan kepuasan pelanggan, juga agar terus memerhatikan dunia pendidikan seperti selama ini kami lakukan,” ujarnya.[Dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s