120511 Kaskus Makin Solid di e-commerce

JAKARTA—Komunitas online terbesar di Indonesia, Kaskus, semakin solid posisinya di bisnis e-commerce  setelah berhasil menggandeng grup Djarum pada Januari 2011.

“Grup Djarum masuk ke Kaskus dengan membeli sebagian saham pada Januari lalu melalui  anak usahanya yang bermain di bidang teknologi, Global Digital Prima (GDP). Saya tidak bisa ungkap persentase saham atau nilai transaksinya. Tetapi, masuknya Djarum membuat Kaskus makin solid untuk lima tahun ke depan karena bisa berinvestasi untuk banyak hal,” ungkap Pendiri Kaskus Andrew Darwis di Jakarta, Rabu (11/5).

GDP bergerak di industri digital. Perusahaan ini juga menjalin kerjasama dengan beberapa situs lokal seperti lintasberita.com, infokost.net, krazymarket.com, bolalob.com, serta dailysocial.net.

Diungkapkannya, perseroan dalam jangka lima tahun ke depan telah menyiapkan investasi sekitar dua juta dollar AS untuk membeli server. Hingga kuartal I 2011 telah dikeluarkan dana 500 ribu dollar AS untuk pembelian perangkat tersebut. Kaskus juga berencana mengembangkan sistem pembayaran online KasPay, fasilitas iklan KasAds, serta akses Kaskus mobile

“Kami harus memperkuat server karena dalam sebulan ada 900 juta page view yang terjadi. Potensi dari e-commerce sendiri sangat menjanjikan karena di Kaskus itu ada transaksi senilai 400 miliar rupiah per bulan,” jelasnya.

Saat ini selain Kaskus, di Indonesia situs-situs yang terkenal sebagai took virtual adalah tokobagus.com, dinomarket.com, dan plasa.com. Nama terakhir adalah milik Telkom yang diluncurkan sejak tahun lalu dengan investasi sekitar dua juta dollar AS. Plasa.com berhasil menggandeng e-bay dari Amerika Serikat.

Sayangnya, sepak terjang dari Plasa.com tidak sebesar investasi yang ditelannya karena dari sisi rating kunjungan pelanggan ke situs masih di bawah tokobagus atau dinomarket alias di peringkat 1086.

Padahal, dengan dukungan Telkom, seharusnya meraih massa dari basis pelanggan Telkomsel, Speedy, atau Flexi tentu harusnya lebih gampang. Kabar terakhir, terjadi perombakan di manajemen Plasa.com dengan keluarnya dua inisiator yang merevitalisasi situs itu yakni Shinta Dhanuwardoyo dan Andi S Boediman. [dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s