100511 Telkom Segera Pasarkan Nusantara Online

JAKARTA—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) bekerjasama dengan PT Nusantara Wahana Komunika segera memasarkan permainan Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) Nusantara Online guna memanjakan pengguna akses internet di Indonesia.

“Jika tidak ada aral melintang Telkom akan memasarkan pada minggu keempat Juni atau awal Juli 2011. Sekarang dilakukan persiapan terakhir untuk mengetahui respons pasar terhadap permainan besutan anak bangsa ini,” ungkap EGM Multimedia Telkom Jodhy Hernadi di Jakarta, Senin (9/5).

MMORPG adalah suatu jenis permainan berbasiskan konsep permainan peran (Role Playing Game) yang bisa dimainkan dari berbagai tempat dan waktu oleh banyak permainan. Nusantara Online sendiri mengusung permainaan dengan latar belakang sejarah nusantara masa lalu saat kebudayaan dan kerajaan-kerajaan besar di nusantara turut mewarnai perjalanan sejarah dan budaya dunia yaitu Majapahit, Sriwijaya, dan Pajajaran.

Jodhy mengungkapkan, untuk mendukung kehadiran Nusantara Online, perseroan menyediakan 14 server dengan kapasitas menampung 100-200 ribu pemain secara konkueren. “Kami habis-habisan mendukung permainan  ini karena Indonesia belum memiliki MMORPG lokal. Apalagi sebanyak 20 persen dari 2 juta pengguna Speedy adalah penikmat game online sehingga harus dimanjakan,” jelasnya.

Komisaris  Nusantara Wahana Komunika Heru Nugroho mengungkapkan, permainan tersebut sudah dirintis sejak 2007 dan telah menelan investasi hingga satu juta dollar AS. “Kami habis-habisan menggarap permainan ini karena ada idealisme yang dibawa yakni memberikan pelajaran sejarah bangsa bagi parapenggunanya,” katanya.

Diungkapkannya, untuk memasarkan produk ini perseroan bekerjasama dengan Kemendiknas dengan memasukkan permainan dalam Jaringan Pendidikan Nasional dan South Asian Minister Of Education Organization Regional Open Learning Center (SEAMOLEC). “Kami adalah satu-satunya game yang mendapatkan sertifikat dari Kemendiknas. Kita menargetkan  pada tahun pertama setiap bulannya nusantara online mampu meraup omset 30 persen dari total potensi bisnis game online yang sebesar 30 miliar rupiah,” jelasnya.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s