090511 AP II Kembangkan Terminal III Soetta

JAKARTA—PT Angkasa Pura II (AP II) sebagai pengelola bandara udara Soekarno-Hatta (Soetta) akan  mengembangkan terminal III  agar kapasitasnya meningkat  menjadi 25 juta penumpang dari sebelumnya melayani 4 juta penumpang.

”Dalam rencana induk pengembangan Bandara Soetta, terminal III termasuk salah satu yang akan dikembangkan. Untuk terminal 3 akan dinaikkan kapasitasnya menjadi 25 juta penumpang dari sebelumnya 4 juta dan bentuknya akan seperti huruf ‘U’, ” ungkap Direktur Utama AP II Tri S Sunoko di Jakarta, akhir pekan lalu.

Diungkapkannya, perseroan telah menyiapkan dana sebesar  156,33 miliar rupiah untuk mengembangkan apron (tempat parkir pesawat) di terminal III sehingga akan berkapasitas 11 pesawat dari sebelumnya hanya 6 unit. Penambahan kapasitas apron dilakukan untuk memperlancar pemberangkatan haji yang selama ini dilakukan dari terminal khusus haji yang terletak dekat dengan terminal III.

Direktur Operasi dan Teknik Angkasa Pura II Salahudin Rafi mengungkapkan,  perusahaannya sudah menetapkan PT Adhi Karya Tbk sebagai pemenang tender penambahan kapasitas apron pada November 2010 lalu. “Pekerjaan sudah dilakukan Adhi Karya sejak 22 Februari sampai 18 Desember 2011 atau sekitar 10 bulan,” kata Salahudin.

Diungkapkannya, Adhi Karya akan menambah luas apron terminal 3 dari 62.505 meter persegi menjadi 72.896 meter persegi. Sehingga kapasitas sub-terminal (pier) satu yang menghadap terminal haji bisa melayani tambahan enam pesawat Boeing 737-900ER setara tiga pesawat berbadan lebar Boeing 747-400 dari kapasitas saat ini lima pesawat Boeing 737-900ER.

Optimalkan IAA
Selanjutnya Tri Sunoko mengatakan,  terminal III akan dioptimalkan penggunaanya oleh maskapai Indonesia Air Asia (IAA) mengingat hingga saat ini  Mandala Airlines belum terbang sejak bermasalah dengan keuangannya.

“Selain untuk penerbangan AirAsia, Terminal III juga akan digunakan untuk penerbangan internasional AirAsia. Selain itu Mandala masih diberi kesempatan mengoperasikan terminal itu.,” kata Tri.

Dijelaskannya, alasan pihaknya mendedikasikan terminal III  ke AirAsia karena selama ini Terminal II yang biasanya dioperasikan untuk penerbangan internasional telah padat dan melebihi kapasitasnya. Padahal, Terminal 3 yang berkapasitas 4 juta penumpang masih sangat sepi.

Bila saat Mandala beroperasi, terminal tersebut dilewati sekitar 2 juta penumpang, saat ini AirAsia yang mengoperasikan penerbangan domestiknya di terminal tersebut hanya menerbangkan kurang dari setengahnya. “Kalau penerbangan internasional airAsia digabungkan di terminal 3, maka akan mengurangi beban di terminal 2,” jelasnya.

Tentang nasib dari  Mandala, Tri mengungkapkan, pihaknya  telah bertemu dengan Presiden Direktur Mandala, Diono Nurjadin, beberapa hari lalu. ”Saat bertemu, dinyatakan  masih optimistis bisa terbang pada Juni mendatang. Karenanya, AP II masih memberi kesempatan kepada Mandala dan mengesampingkan dahulu beberapa maskapai lain yang juga telah mengusulkan untuk menggunakan terminal 3,” katanya.

Secara terpisah, juru bicara IAA Audrey P menyambut  baik rencana AP II untuk membuka pelayanan penerbangan internasional di terminal III. ”Bagi IAA, hal ini dapat meningkatkan kenyamanan penumpang karena check in yang tersentralisasi di satu terminal,” katanya.

Berdasarkan catatan, terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada 2010 hanya melayani sebanyak 1,93 juta penumpang terdiri dari 1,09 juta penumpang Mandala dan 841.124 penumpang domestik  IAA

Sampai kuartal I 2011, jumlah penumpang pesawat melalui 12 bandara yang dikelola Angkasa Pura II naik 6,23 persen  menjadi 14,83 juta dibandingkan kuartal I/ 2010 yang sebanyak 13,96 juta. Tiga bandara yang paling banyak melayani penumpang selama tiga bulan pertama tahun ini adalah Soekarno-Hatta Cengkareng dengan 13,31 juta penumpang, Polonia Medan 1,86 juta penumpang dan Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru 683.205 penumpang.[dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s