060511 Tiga Bandara Diusulkan Beroperasi 24 Jam

JAKARTA — Asosiasi Perusahaan Angkutan Penerbangan Sipil Indonesia (INACA) mengusulkan tiga bandara di wilayah barat dan timur Indonesia untuk dioperasikan selama 24 jam per hari karena telah didukung oleh jumlah penumpang yang signifikan.

Ketiga bandara itu adalah Sam Ratulangi (Manado), Sepinggan (Balikpapan) dan Hang Nadim (Batam).

Menurut Sekjen INACA, Tengku Burhanuddin mengatakan bandara-bandara tersebut mendesak untuk dioperasikan 24 jam, karena penerbangan  dari dan ke bandara tersebut telah padat dan berlangsung hingga malam hari.

Selain bandara tersebut, jelasnya, Bandara Hasanuddin (Makassar) juga telah diprogram menjadi bandara 24 jam. Kesibukan penerbangan di Makassar tersebut berlangsung hingga dinihari, terutama bagi penerbangan yang akan melanjutkan ke wilayah Papua.

“Sudah layak bandara-bandara di atas beroperasi 24 jam,” katanya di Jakarta, Kamis (5/5).

Operasi bandara 24 jam tersebut diusulkan untuk mendukung program enam koridor ekonomi nasional. Enam pulau besar di Indonesia harus memiliki infrastruktur dan transportasi yang memadai unttuk memperlancar pembangunan di berbagai tempat di Indonesia. Di sektor penerbangan, pemerintah juga mengarahkan agar jam operasi bandara-bandara ditingkatkan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bakti Singayudha Gumay meminta kepada PT Angkasa Pura I dan II untuk meningkatkan jam operasi bandara yang dikelolanya.

Bandara-bandara yang telah beroperasi selama 24 jam saat ini adalah Bandara Soekarno Hatta (Cengkareng), Polonia (Medan), Juanda (Surabaya), Ngurah Rai (Denpasar) dan bandara carter Halim Perdanakusumah di Jakarta.[Dni]

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s