280411 2015, Garuda Harapkan 60% Penjualan via Internet

JAKARTA–PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) mengharapkan dalam kurun waktu empat tahun mendatang penjualan tiketnya bisa dilakukan melalui internet atau e-commerce.

“Kami sedang serius mengembangkan produk e-commerce yang bisa memudahkan transaksi dan mengefisienkan biaya operasional bagi perseroan. Pada 2015, kita harapkan penjualan secara langsung (Direct Sales) akan mendominasi penjualan Garuda,” jelas Senior General Manager e-Commerce Garuda Indonesia Joseph Adrian Saul di Jakarta, Rabu (27/1).

Diungkapkannya, perseroan sedang menyiapkan beberapa hal untuk mengembangkan e-commerce seperti memperkuat sistem teknologi informasi (TI) untuk situs Garuda Indonesia, memperluas mitra perbankan yang menjadi saluran pembayaran, dan metode pembayaran.

“Untuk mitra dari lembaga keuangan kita sudah bekerjasama dengan Visa dan Mastercard. Ke depan kita akan menggandeng Bank Mandiri, BCA, dan BII untuk pembayaran melalui kartu debit selain credit card,” jelasnya.

Sedangkan untuk metode pembayaran sedang dijajaki kerjasama dengan Pay Pal dan mengembangkan pola pembayaran ala Pay Pal dengan bank lokal. “Kami ingin memudahkan semua pelanggan yang ingin berbelanja tiket secara online, karena itu saluran pembayaran harus banyak. Selain itu, jika pembelian dilakukan melalui internet harganya akan lebih murah 10 persen ketimbang public rate,” katanya.

Direktur Pemasaran & Penjualan (Pelaksana Harian) Garuda, M. Arif Wibowo menambahkan,  Garuda juga telah  menunjuk BII sebagai salah satu bank penerima pembayaran tiket Garuda dari mitra biro perjalanan (sub agent) Garuda.

Dijelaskannya, melalui kerja sama ini mitra travel agent (sub agent) Garuda dapat melakukan pembayaran tiket tanpa harus datang ke bank.
Pembayaran tiket Garuda dapat dilakukan secara online melalui BII CoOLPAY- yang merupakan solusi Payment Gateway berbasis Internet.  Kerja sama ini ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi mitra sub agent Garuda dalam melakukan pembayaran.  Melalui kerja sama ini, Garuda juga dapat memantau pembayaran tiket pesawat dari para sub agent serta menerima laporan transaksi secara online, realtime.

Arif mengatakan, selain bekerja sama dengan travel agent besar, Garuda juga bekerja sama dengan mitra sub agent yang menjadi channel distribution produk-produk Garuda. Saat ini Garuda bekerja sama dengan 2700 sub agent yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia melalui sistem penjualan online “Garuda Online Sales”.

“Kami memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam penyediaan layanan Cash Management.  Melalui kerja sama ini mitra Travel Agent Garuda Indonesia dapat lebih mudah melakukan pembayaran tiket tanpa harus datang ke Bank,” kata Direktur Perbankan Korporasi BII Rahardja Alimhamzah.[dni]

Iklan

1 Komentar

  1. mohon informasi cara menjadi sub agent garuda online sale dan alamat yang harus kami hubungi , sebagai informasi kami memiliki travel agent yaitu synergy tours & travel.di serpong yang sudah 4 tahun berjalan, namun belum online garuda.tks


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s