150411 Pelindo II Berpeluang Menangkan Tender Kali Baru

JAKARTA—PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) berpeluang besar memenangkan tender  pengelolaan terminal di kawasan utara Kalibaru karena persyaratan teknis yang dibuat menguntungkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

“Kami tidak akan melupakan Pelindo II sebagai BUMN yang lama bermain di pengelolaan pelabuhan.  Dukungan itu bisa dilihat dari persyaratan teknis dari dokumen tender yang akan selesai pada minggu ketiga April ini,” ungkap Menhub Freddy Numberi di Jakarta, Jumaat (15/4).

Diungkapkannya, jika dilihat dari persyaratan teknis yang tengah digodok maka Pelindo II sebagai peserta tender nantinya berhak untuk menawar 10 persen dari nilai pagu yang ditetapkan. Hak ini diberikan karena Pelindo II adalah inisiator dari pengembangan pelabuhan Tanjung Priok.

Selain itu, dalam persyaratan teknis juga diharuskan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) yang telah bermain di jasa itu selama 10 tahun dan biasa mengelola kapasitas kontainer hingga 1 juta Teus. “Jika dilihat dari persyaratan itu, Pelindo II memiliki semuanya. Jadi, kenapa harus takut menghadapi proses tender,” katanya.

Ditegaskannya, langkah tender dilakukan Kementrian Perhubungan (Kemenhub) karena ingin mengedepankan transparansi, akuntabilitas, dan kepastian hukum bagi pelaku usaha.

“Kita tidak bisa main tunjuk hanya karena ingin cepat pembangunan infrastrukturnya. Tender ini adalah pilihan terbaik bagi semuanya,” jelasnya.

Menurutnya, langkah tender dilakukan sudah tepat karena area yang akan dibangun diluar wilayah kerja Pelindo II. “Kita melakukan reklamasi laut untuk Kali baru itu. Jika bicara laut, itu milik negara makanya harus ditender. Nah,  pengelolaannya yang diberikan kepada pihak BUP, dimana dalam hal ini harus ditender atas nama kesamaan peluang usaha,” tuturnya.

Dirjen Perhubungan Laut Sunaryo mengungkapkan, jika dokumen tender disahkan pada minggu ketiga April ini, maka akhir Mei atau awal Juni akan dilakukan tender. “Kita harapkan pada September sudah dilakukan ground breaking,” katanya.

Direktur Utama Pelindo II RJ Lino mengatakan, masalah polemik keikutsertaan perseroan di tender Kali Baru sudah selesai dengan adanya ketegasan dari pemerintah jalur tender yang dijalankan. “Kami tidak mau berpolemik lagi. Kita siap ikut tender,” tegasnya.

Dijelaskannya, masalah isu Pelindo II tengah menjalankan tender untuk kali baru sendiri sebenarnya adalah untuk mencari kontraktor jika memenangkan lelang itu. “Kami harus menang dulu sebagai BUP dalam tender yang digelar pemerintah. Setalha itu baru dicari kontraktornya,” katanya.

Sebelumnya, berkembang wacana, sesuai arahan Wakil Presiden Boediono, untuk menyerahkan pengerjaan proyek pengembangan pelabuhan Tanjung Priok ini langsung kepada PT Pelindo II selaku pengelola pelabuhan, tanpa melalui mekanisme tender. Dengan demikian, pengerjaan proyek dapat segera dilakukan mengingat kebutuhan yang mendesak akibat ancaman stagnasi di pelabuhan Tanjung Priok.

Kawasan Kali Baru rencananya akan dikembangkan dalam tiga tahap. Tahap pertama menelan investasi sekitar 8,8 triliun rupiah, di mana 50 persen akan ditanggung oleh Jakarta International Cooperation Agency (JICA). Pengembangan tahap I ini diharapkan  memiliki kapasitas sekitar 1,9 juta teus dan selesai pembangunannya pada 2014.

Pelabuhan Kali Baru harus dikembangkan karena Pelabuhan Tanjung Priok terancam mengalami stagnasi dalam kurun tiga tahun mendatang. Sinyal stagnasi bisa dilihat dari pertumbuhan peti kemas internasional pada 2009-2010 sebesar 23 persen dan domestik 26 persen. Saat ini kapasitas Tanjung Priok sekitar 4 juta teus.[dni]

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s